Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Awas Diabetes Menyerang!

Langkatoday.com – Gula dan karbohidrat olahan dianggap ‘kalori kosong’, terutama karena tidak mengandung nutrisi yang berguna. Salah satu tanda tubuh kelebihan gula, disebut mampu buat seseorang lemas atau mudah merasa lelah.

“Kelelahan adalah salah satu gejala gula darah tinggi yang paling umum. Pada penderita diabetes, ini disebut sebagai kelelahan diabetes,” keterangan dalam Verywell

Lantas seperti apa tanda tubuh kelebihan gula yang perlu diperhatikan.

1. Penuaan Dini

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada protein kulit, kolagen, dan elastin, yang menyebabkan keriput dan penuaan dini. Hal lain perlu diperhatikan, terlalu banyak gula juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon menstruasi wanita dapat menyebabkan jerawat di sepanjang garis rahang.

Baca Juga: Utopia Demokrasi

2. Mengidam atau ingin terus makan

Merasakan ngidam, atau ingin sesuatu jadi satu efek ketagihan dari gula. “Makanan tinggi gula telah terbukti mengaktifkan jalur penghargaan di otak dengan melepaskan dopamin, mirip dengan obat adiktif,” keterangan dalam Harpersbazaar.

3. Lemas

Saat seseorang mengonsumsi gula berlebihan, ternyata bisa sebabkan lemas karena energi rendah. Setelah konsumsi gula, pankreas melepaskan insulin untuk membantu mentransfer glukosa ke sel, yang berarti mungkin mengalami aliran energi.

Setelah habis energinya, anda dapat mengalami penurunan energi, karena tubuh membutuhkan lebih banyak gula untuk memulai siklus dari awal lagi.

4. Kembung

Konsumsi makanan gula, justru disukai bakteri, sedangkan bifidobakteri menguntungkan, yang menyukai sayuran, diyakini tidak menghasilkan gas apa pun.

Produksi gas juga berlebihan dapat menyebabkan rasa sakit setelah makan, kembung yang tidak nyaman, dan perut kembung.

5. Ganggu sistem kekebalan tubuh

Efek dari konsumsi gula secara berlebihan, juga bisa sebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh. Melansir dari harpersbazaar, katanya bisa 70 persen ganggu sistem kekebalan tubuh terletak di usus, dan didukung oleh bakteri usus.

Sehingga, diet gula cukup disarankan, sebab mempengaruhi seberapa baik fungsi sistem kekebalan tubuh.

6. Susah tidur

Tanda tubuh kelebihan gula, juga bisa sebabkan seseorang susah tidur. Jika Anda yang sulit tidur, maka disarankan membantu mengurangi gula dalam makanan Anda, dan lebih baik untuk usus Anda.

7. Tambah berat badan

Dikutip dari Verywell healht, tanda tubuh jika kelebihan gula, juga sebabkan penambahan berat badan. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi tubuh, namun jika tidak segera digunakan sebagai energi, kelebihannya disimpan tubuh di hati, otot, atau sebagai lemak di sekitar tengah.

8. Kulit menghitam

Saat kondisi tubuh kelebihan gula, umum juga disebut sebagai tanda atau gejala dari pradiabetes. Salah satu tanda pradiabetes yang mungkin adalah kulit menghitam di bagian tubuh tertentu. Area yang terkena dapat mencakup leher, ketiak, dan selangkangan.

9. Sering buang air kecil

Poliuria atau sering buang air kecil atau secara berlebih, umum terjadi pada diabetes. Ini terjadi ketika Anda memiliki kelebihan kadar gula dalam darah. Biasanya, ketika ginjal Anda menghasilkan urin, lalu menyerap kembali semua gula dan mengarahkannya kembali ke aliran darah.

Kontributor Langkatoday.com

Bacaan Lainnya: