5 Menu Sayuran Segar Ini Cocok Banget Buat Program Diet

LANGKATODAY.COM – Terkadang memiliki berat badan berlebih membuat diri menjadi kurang PD untuk tampil di depan orang. Sehingga tak sedikit orang memilih menjalani program diet.

Namun tahukah Anda?

Diet yang salah justru akan berbahaya terhadap kesehatan tubuh. Sedangkan program diet yang dianjurkan adalah dengan mengkonsumsi sayuran segar dan dibarengi olahraga yang teratur.

Sayur sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Mengingat ada banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh ada pada sayuran segar.

Selain bagus untuk diet, mengkonsumsi sayur tanpa dimasak (mentah) juga dapat mengurangi resiko dari bahayanya degenerasi makula, diabetes melitus tipe 2 dan beberapa jenis kanker.

Dilansir dari boldsky, beberapa jenis sayuran segar (mentah) yang cocok untuk dikonsumsi saat menjalani program diet adalah sebagai berikut :

Wortel

Wortel termasuk jenis sayuran umbi-umbian yang dapat dimakan walau tanpa dimasak sekalipun.

Sayuran dengan ciri khas berwarna oranye ini sudah terkenal kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata, selain itu kandungan penting lainnya mampu mengurangi resiko penyakit kanker.

Alasan mengapa wortel sangat dianjurkan untuk menjadi menu andalan dikala menjalankan program diet, karena wortel bisa mengcover rasa lapar Anda ketika ingin sekali ngemil.

Lobak

Sudahkah Anda tahu apa itu lobak? Sekilas lobak tampak mirip dengan wortel hanya saja warna lobak adalah putih. Sayuran dari jenis umbi ini kaya akan kandungan kalsium yang baik untuk perkembangan tulang.

Bila dimakan secara langsung, rasanya begitu segar cocok buat cemilan Anda kala diet. Namun apabila Anda tak suka makan secara langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi salad ataupun acar.

Asparagus

Mendengar kata asparagus mungkin sedikit aneh bagi kita yang awam. Sayuran ini hanya tumbuh pada musim tertentu saja. Bentuknya persis seperti bambu hanya saja bentuknya yang kecil-kecil dengan warna hijau dan putih.

Asparagus kaya akan nutrisi namun rendah kalori sehingga cocok jadi makanan diet Anda.

Mengkonsumsi sayuran segar tanpa dimasak lebih bagus ketimbang dimasak. Panas akibat proses memasak dapat mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sehingga sebaiknya asparagus ini dimakan mentah dengan dibuat salad.

Kacang Polong

Kacang polong adalah sayur sejenis kacang-kacangan yang berwarna hijau yang kaya akan protein. Berdasarkan penelitian sebuah studi mengatakan bahwa kacang polong mentah sekitar 800 gram mengandung protein lebih banyak ketimbang sebuah telur.

Selain protein, juga mengandung vitamin c dan serat sehingga tak ada salahnya jika kacang polong masuk dalam menu utama diet Anda. Anda bisa memakannya secara langsung atau dibuat salad terlebih dahulu.

Selada

Selada sekilas hampir mirip dengan sawi putih, namun bedanya selada adalah sayuran yang sering diperuntukkan sebagai lalapan. Sayuran ini rendah akan karbohidrat juga rendah kalori, dalam setiap 47gr selada segar mengandung 2 gr karbohidrat saja.

Itulah mengapa saat menjalani diet, sayuran segar seperti selada sangat bagus dikonsumsi sebagai lalapan atau dibuat salad.

Inget ya, diet boleh tapi tetap memperhatikan kesehatan ya.

Sumber: jalanjalin

Kontributor Langkatoday.com

Bacaan Lainnya: