Kolam Pamah Semelir: Salah Satu Wisata yang Terkenal di Kabupaten Langkat

Foto: Abrar Ar Rusyfa

LANGKATODAY.comKolam Pamah Semelir menjadi salah satu yang tengah naik daun dan banyak digemari, terutama oleh kaum muda. Tempat ini sangat cocok bagi pecinta camping atau kemah, dan juga sering direkomendasikan bagi para pelancong solo yang mencari pengalaman baru.

Kolam Pamah Semelir beralamat di Simpang Lau Kulap, Telagah, Salapian, yang berada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Daya Tarik Kolam Pamah Semelir

Kolam Pamah Semelir adalah tempat yang ideal bagi warga kota yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan, merenggangkan diri dari aktivitas kantor yang padat, dan meresapi ketenangan di alam yang asri.

Apa yang membuat Kolam Pamah Semelir begitu menarik? Mari kita telusuri daya tariknya.

Keasrian dan Kebersihan

Salah satu hal utama yang membuat Kolam Pamah Semelir menjadi tujuan yang begitu menarik adalah keasrian dan kebersihannya.

Keindahan alam di sekitar tempat ini adalah alasan utama mengapa para wisatawan terus mengalir ke sini, bahkan ada yang datang berkali-kali.

Alam sekitar telah memiliki pesona alaminya yang indah, dan kebersihan di sekitarnya menjadikan Kolam Pamah Semelir memiliki nuansa yang sangat alami.

Lingkungan di sini dikelilingi oleh pepohonan tinggi dan rimbun, menciptakan suasana yang sejuk dan asri. Udara masih sangat alami dan jauh dari polusi, memberikan perasaan ketenangan dan damai kepada siapa pun yang mengunjunginya.

Pengelola secara rutin membersihkan daerah ini dari sampah, dan telah disediakan tempat sampah di berbagai titik untuk menjaga kebersihan.

Kolam Air Alami

Kolam Pamah Semelir seperti namanya, memiliki kolam air alami di tengahnya yang dihiasi dengan berbagai bebatuan alami.

Semua bebatuan ini adalah asli, dan kolam ini diisi dengan air alami. Airnya tidak pernah kering, bahkan selama musim kemarau yang panjang, dan cenderung mengalir lebih deras saat musim hujan tiba.

Kolam ini cukup luas, mencakup sekitar setengah hektar, dan airnya jernih serta memberikan sensasi dingin saat menyentuh kulit, terutama saat datang pada pagi atau sore hari.

Selama siang, airnya menjadi hangat karena terkena sinar matahari, tetapi tetap menyegarkan saat menyiram ke kulit. Kualitas airnya memang menjadi salah satu daya tarik utama Kolam Pamah Semelir.

Warna Air yang dapat Berubah

Warna air di Kolam Pamah Semelir memiliki daya tarik sendiri. Meskipun airnya jernih, ada saat-saat di mana air ini berubah menjadi kehijauan.

Sayangnya, saat-saat ini tidak selalu terjadi dalam pola yang dapat diprediksi, seperti bulan tertentu. Ini menambahkan elemen kejutan pada pengalaman berwisata di sini, karena Kamu tidak pernah tahu kapan airnya akan berubah warna.

Dekat dengan Destinasi Wisata Lain

Salah satu hal yang membuat Kolam Pamah Semelir menjadi destinasi yang sangat diminati adalah lokasinya yang strategis.

Tempat ini dekat dengan sejumlah destinasi alam lain di sekitarnya.

Beberapa di antaranya termasuk Akui Puncak, Rumah Pohon Habitat, One Heart Hill Batu Mbelang, Air Terjun Jodoh, Panatapan Pamah Simelir, dan Sabah Simelir.

Semua tempat ini berdekatan, memungkinkan Kamu untuk mengunjungi banyak tempat sekaligus dalam satu kunjungan.

Beberapa mungkin cukup dekat, sementara yang lain mungkin memerlukan perjalanan lebih jauh. Jika Kamu ingin menjelajahi semuanya, pastikan Kamu memiliki waktu sehari penuh untuk melakukannya.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Biaya masuk ke Kolam Pamah Semelir dihitung bersama biaya parkir kendaraan. Untuk pengunjung yang datang dengan sepeda motor, biayanya sekitar Rp10.000, sedangkan bagi kendaraan roda empat, biayanya sekitar Rp15.000. Biaya mungkin lebih tinggi jika Kamu datang dengan bus pariwisata atau kendaraan besar lainnya.

Selain biaya parkir, ada biaya tambahan jika Kamu ingin memasuki area Camping Ground, sekitar Rp20.000.

Jika Kamu berencana untuk menyewa berbagai jenis tenda, Kamu harus menyiapkan tambahan dana sekitar Rp50.000 untuk satu unit tenda yang dapat menampung 3-4 orang.

Tersedia juga tenda yang lebih besar, mampu menampung 5-6 orang, dengan harga sewa sekitar Rp100.000 per malam.

Fasilitas di Kolam Pamah Semelir cukup lengkap. Ada berbagai gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung secara gratis.

Area parkir cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung. Selain itu, ada area Camping Ground yang dapat digunakan untuk berkemah. Toilet umum tersedia untuk kenyamanan pengunjung.

Jika Kamu tertarik untuk bermalam di Kolam Pamah Semelir tanpa harus membawa peralatan camping sendiri, Kamu dapat menyewa peralatan seperti matras, kompor, dan lampu tenda.

Ada juga fasilitas penginapan berupa Balcony Cabin, dengan tarif sekitar Rp500.000 per kamar per malam. Jika Kamu mencari opsi yang lebih terjangkau, ada Reguler Cabin dengan tarif sekitar Rp400.000 per malam.

Aktivitas Menarik

Saat mengunjungi Kolam Pamah Semelir, ada banyak aktivitas yang dapat Kelen nikmati, baik sendirian maupun bersama teman-teman. Beberapa di antaranya adalah:

Hunting Foto

Ini adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke tempat alam yang indah seperti Kolam Pamah Semelir.

Ada banyak sudut yang menawarkan potret menakjubkan, mulai dari berfoto di dalam kolam air hingga latar belakang pepohonan yang hijau.

Camping

Beberapa pengunjung memilih untuk berkemah di Kolam Pamah Semelir. Beberapa membawa tenda mereka sendiri, sementara yang lain menyewa tenda dari pengelola.

Kemah di sini adalah pengalaman yang tak terlupakan, terutama jika Kamu datang selama musim kemarau dan dapat menikmati pemandangan langit bintang yang indah di malam hari.

Memancing

Kolam Pamah Semelir adalah tempat yang populer untuk memancing. Kolam ini memiliki berbagai jenis ikan, dan peralatan memancing tersedia untuk disewa. Pastikan Kelen menjaga lingkungan dan memperlakukan ikan dengan baik jika Kelen memutuskan untuk memancing di sini.

Makan Siang Piknik

Jika Kamu ingin menjalani hari yang hemat, Kamu dapat membawa bekal makan siang dari rumah dan merancang piknik di bawah pepohonan.

Ada juga beberapa gazebo yang tersedia untuk digunakan oleh pengunjung. Nikmati makan siang Kelen sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Kolam Pamah Semelir adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-hari yang sibuk dan hiruk-pikuk kota.

Datang ke sini akan membawa ketenangan dan kesegaran bagi pikiran dan jiwa Kamu.

Ini adalah tempat yang cocok untuk merenung, bersantai, dan menjauh dari kerumunan perkotaan yang padat.

Jadi, tinggalkan kegilaan kota sejenak dan nikmati keindahan alam Sumatera Utara di Kolam Pamah Semelir.

Kontributor Langkatoday.com

Bacaan Lainnya: