Usai Kedatangan Tim Evaluasi Provinsi Sumut, 4 Desa di Tapsel Berpeluang Terbaik 2024

LANGKATODAY.COM, Tapsel – Ada 4 desa di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang berpeluang menjadi desa terbaik di Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024 ini.

Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu melalui Kabag Humasy, M Yusup Nasution, Rabu (27/3/2024) mengatakan, peluang itu tidak lepas dari kedatangan tim evaluasi desa binaan Provinsi Sumut secara serentak keempat desa itu pada Senin (25/3/2024) lalu.

Adapun empat desa yang dievaluasi itu adalah, Desa Aek Gunung Kecamatan, Batang Angkola, kategori Kesatuan Gerak PKK Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan. Desa Sanggapati, Kecamatan Angkola Timur kategori Lingkungan Bersih Sehat (LBS).

Kemudian, Desa Simaninggir Kecamatan Sipirok kategori Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Desa Tarapung Raya, Kecamatan Muara Batang Toru kategori Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (POSYANDU).

Pada kunjungan tim monitoring di Aek Gunung, Bupati Tapsel melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Sofyan Adil menyampaikan ucapan terima kasih dan sekaligus mengapresiasi seluruh jajaran TP PKK, mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa, serta dasawisma.

“Terima kasih kepada semua stakeholder yang telah ikut terlibat dalam proses pembinaan terhadap desa yang telah ditetapkan sesuai dengan kategori masing-masing,” ucapnya.

Disampaikan, evaluasi menyeluruh terhadap program kerja sangat penting, agar program yang disusun dapat lebih efektif, tepat arah, dan tepat sasaran, serta berdaya dan berhasil guna secara optimal dan mampu merumuskan program strategis dan inovatif untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

“Oleh karena itu saya berharap, proses evaluasi yang akan dilakukan pada kesempatan ini, nantinya memenuhi seluruh indikator penilaian. Sehingga mampu mengantarkan desa-desa, yang telah ditunjuk keluar sebagai yang terbaik untuk tingkat Provinsi Sumut,” harapnya.

Dengan begitu, desa-desa tersebut dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya sekaligus menjadi ‘Role Model’, dalam standarisasi penataan administrasi dan fisik desa.

Sementara itu, Sekretaris TP PKK Provsu selaku Ketua Tim Evaluasi Reza Pahlevi Lubis mengungkapkan, rasa bangga ketika melakukan evaluasi ke Tapsel.

Menurutnya, tim melihat adanya kekompakan yang dibangun oleh Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, dengan sesama OPD, kecamatan dan desa, yang telah bahu-membahu menyukseskan ketika mengadakan evaluasi desa binaan.

“Ini sungguh luar biasa menurut kami,” ungkapnya.

Terkait hal-hal yang menjadi syarat penilaian Desa Aek Gunung sebagai desa binaan kategori PKK-KKBPK-KES, sudah lengkap dan patut diapresiasi.

“Seperti buku laporan, tanggapan seluruh stakeholder sudah cukup baik, tidak ada yang kurang, malahan banyak yang diluar ekspektasi, dan layak mendapat juara, jadi tunggu hasil pengumumannya,” tegasnya. (rel/mistas)

Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

Bacaan Lainnya: