[VIDEO] Kecelakaan Mahasiswa UI Libatkan Pensiunan Polisi

Langkatoday.com – Mahasiswa Universitas Indonesia (UI), M Hasya Attala Syahputra, tewas dalam kecelakaan yang terjadi di Jakarta Selatan (Jaksel). Hasya yang mengendarai sepeda motor tertabrak mobil Mitsubishi Pajero yang dikendarai pensiunan polisi, AKBP (Purn) Eko Setio BW.

Kecelakaan itu terjadi di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jaksel pada Kamis, 6 Oktober 2022 sekitar pukul 21.20 WIB.

Insiden kecelakaan itu terekam kamera CCTV yang ada di sekitar lokasi kejadian. Video rekaman CCTV itu kini beredar di media sosial (medsos).

Dalam rekaman terlihat kondisi lalu lintas di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) tidak terjadi kemacetan. Kondisi lalu lintas terlihat lengang.

Dalam rekaman CCTV tersebut terdapat stempel waktu (time stamp) pada bagian kiri atas layar. Kamera CCTV itu menyorot dari arah dalam toko ke jalanan.

Dari video, terlihat ada satu unit sepeda motor yang melambatkan laju dan menyalakan lampu sein kanan. Sepeda motor yang ditumpangi dua orang itu diduga hendak belok kanan atau memutar balik.

Dari arah belakang kendaraan tersebut, melaju sepeda motor yang dikendarai Hasya yaitu Kawasaki Pulsar B-4560-KBH. Sepeda motor yang dikendarai Hasya terjatuh.

Terlihat tubuh Hasya terjatuh ke kanan. Dalam waktu kurang dari 2 detik, pada arah sebaliknya melintas mobil Mitsubishi Pajero bernomor polisi B-2447-RFS yang dikemudikan Eko. Terlihat mobil tersebut melaju dengan cukup kencang.

Kemudian terjadi benturan antara tubuh Hasya dengan mobil yang dikemudikan Eko. Di dalam video tampak bagian depan mobil Eko sempat mengangkat diduga melindas benda yang belum diketahui yang ada di lokasi kecelakaan.

Setelah itu, badan Hasya tampak terhempas dan terlentang. Sejumlah orang lalu mendekati lokasi kecelakaan.

Polisi Reka Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI

Polisi telah melaksanakan reka ulang kecelakaan Hasya yang melibatkan Eko. Reka ulang digelar di lokasi kejadian, Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, pada Kamis (2/2) kemarin.

Polisi menghadirkan Eko dalam rekonstruksi ulang itu. Namun, pihak keluarga Hasya tidak hadir.

Selama proses rekonstruksi berlangsung, lalu lintas Jalan Srengseng Sawah ditutup. Reka ulang dikawal ketat sejumlah aparat polisi berseragam.

Rekonstruksi melibatkan tim internal Polda Metro Jaya serta Korlantas Polri, dan juga tim eksternal. Reka ulang melibatkan tim traffic accident anaysis (TAA) Korlantas Polri yang menggunakan teknologi untuk merangkai kronologi kecelakaan dari sebelum, sesaat, dan sesudah kecelakaan.

Sementara dari tim eksternal yang dilibatkan di antaranya Kompolnas, ahli transportasi, hingga BEM Universitas.

Dalam reka ulang, terungkap Eko tak membawa Hasya ke RS secara langsung. Eko saat itu menelepon ambulans.

Setelah kecelakaan, Hasya sempat tergeletak selama 45 menit di pinggir jalan. Kecelakaan itu menyebabkan bumper mobil Eko penyok dan motor yang dikemudikan Hasya rusak. (rel/dtk)

Bacaan Lainnya: