Harimau Sumatera yang Serang Dua Petani di Langkat Akhirnya Berhasil Ditangkap

LANGKATODAY.COM, Stabat – Setelah sempat menyerang dua warga Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dalam satu pekan terakhir, akhirnya harimau sumatera berhasil ditangkap oleh petugas KLHK dibantu warga pada Sabtu (16/3/2024) sekitar pukul 17.30 WIB.

Camat Sei Lepan, M Iqbal Ramadhan saat dikonfirmasi awak media mengatakan bahwa satu ekor harimau sumatera yang diduga menyerang warga atas nama Beru Situtung telah berhasil ditangkap dengan cara ditembak bius oleh petugas.

“Alhamdulillah tadi sore satu ekor harimau sumatera yang diketahui atas nama Beru Situtung sudah berhasil masuk perangkap petugas dan ditembak bius,” ucap Camat Sei Lepan.

Camat Sei Lepan juga menjelaskan bahwa sebelumnya pasca kejadian penyerangan itu, petugas dibantu relawan dan masyarakat sudah memasang alat jerat dan perangkap di sejumlah lokasi hingga akhirnya sore hari tadi berhasil menangkap satu ekor harimau sumatera, sementara satu ekor lagi diperkirakan sudah masuk ke dalam hutan.

“Sejak kejadian penyerangan warga, petugas bersama relawan dan warga sudah memasang alat jerat dan perangkap, hingga akhirnya harimau sumatera Beru Situtung berhasil ditangkap dan dibawa petugas ke lokasi karantina,” jelas Camat Sei Lepan.

Dengan ditangkapnya harimau sumatera ini, lanjut M Iqbal, masyarakat sudah bisa kembali tenang, namun tetap harus waspada, karena meski satu harimau sumatera diperkirakan sudah masuk ke dalam hutan, tapi warga masih harus hati-hati saat berada di perladangan mereka.

“Meski informasi dari petugas satu ekor harimau sudah diusir masuk ke dalam hutan, tapi warga harus tetap waspada khususnya saat berada di lokasi ladang mereka dan harus tetap tenang,” imbau M Iqbal Ramadhan.

Sebelumnya pada Senin (11/3/2024) lalu seorang warga atas nama Jeremia Peranda Ginting diserang harimau sumatera saat memanen cabai di areal perladangan mereka dan mengalami luka di bagian kepala dan leher serta harus dijahit sebanyak 82 jahitan.

Selang beberapa hari, harimau sumatera kembali menyerang warga atas nama Muhamad Ikhwan Sembiring saat memanen buah sawit dan mengalami luka robek di kedua kakinya.

Diduga harimau yang menyerang warga ini merupakan harimau sumatera yang baru dilepasliarkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya di kawasan TNGL Kecamatan Besitang beberapa waktu lalu dengan menggunakan dua unit helikopter.

Sebab harimau sumatera yang menerkam warga dan berhasil ditangkap masih mengenakan kalung khusus di lehernya. (rel/tvone)

Bacaan Lainnya: