Bantuan untuk Korban Banjir Lahat Mengalir, dari Paket Makanan Cepat Saji hingga Selimut

Langkatoday.com – Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Bencana BPBD Sumsel Ansori menyatakan, pihaknya telah menyulurkan sejumlah bantuan untuk korban banjir Lahat, Sumatera Selatan.

Dia menjelaskan, di Kabupaten Lahat disalurkan bantuan sebanyak 400 paket makanan siap saji, 400 paket makanan anak, 700 paket lauk pauk siap saji, 72 paket bumbu nasi goreng.

Selain itu, ada juga bantuan kasur portabel sebanyak 100 unit, tenda portabel 20 unit, perlengkapan anak 100 paket, sandang bayi 100 paket, sandang dewasa 200 paket, selimut 100 paket, dan pembalut wanita 200 paket.

“Bantuan tersebut disebar dengan jumlah proporsional untuk korban bencana banjir bandang Lahat yang tersebar di 10 posko antara lain Desa Tanjung Sirih, Tinggi Ari, Keban Agung, Karang Dalam, Lebuk Sepang, Gunung Kembang, Patikal Baru, Nanti Giri, dan Gumay Ulu,” katanya, Selasa 14 Maret 2023, dikutip dari Antara.

Bantuan untuk mengalir dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Mereka menurunkan Tim Emergency Response Group untuk membantu evakuasi korban banjir.

Pasca terjadinya bencana banjir, katanya, Tim ERG Bukit Asam melakukan evakuasi dan asesmen terhadap 21 kepala keluarga (KK) dan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lumpur di area terdampak di Dusun VIII Muara Enim dan melakukan mobilisasi warga lanjut usia ke posko di Desa Lingga, Tanjung Enim, Lawang Kidul.

Kemudian, PTBA memberikan bantuan banjir dalam bentuk sembako yang terdiri atas 1 ton beras, 150 kilogram telur, 150 liter minyak goreng, 100 dus air mineral, dan 100 dus mie instan

Asisten Manajer Community Partnership Corporate Social Responsibility PTBA Arkoni menyerahkan bantuan untuk warga Desa Lubuk Nipis yang diwakili Camat Panang Enim Meifajar Haryadi, di Posko Banjir Panang Enim, Jumat (10/3/2023).

Penyerahan bantuan berupa selimut, beras, minyak, gula, dan roti itu disaksikan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru dan Pj Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah.

Brimob Polda Sumsel Bantu Kebutuhan Korban

Sebelumnya, Polda Sumatera Selatan menerjunkan 57 orang personel Brimob untuk membantu upaya penanggulangan dampak bencana banjir bandang di Lahat.

Kepala Bidang Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, mengatakan puluhan personel Brimob tersebut berasal dari Satuan Brimob Polda Sumsel dan Batalion Pelopor B Lubuk Linggau.

Untuk menunjang kelancaran upaya penanggulangan bencana para personel Brimob diterjunkan dengan membawa serta peralatan pertolongan, logistik dan satu unit kendaraan dapur lapangan.

“Tim operasi bencana Brimob semuanya sudah tiba petang tadi sekitar pukul 17.00 WIB,” kata dia.

Menurutnya, personel operasi penanggulangan dampak bencana banjir bandang di Lahat itu dipimpin langsung oleh Komandan Bataliyon B Pelopor Brimob Lubuklinggau AKBP Andiyanto.

Mereka disebar ke setiap kawasan yang terdampak banjir meliputi Kota Lahat, Desa Tanjung Sirih, Tinggi Ari, Keban Agung, Karang Dalam, Lebuk Sepang, Gunung Kembang, Patikal Baru, Nanti Giri, Gumay Ulu.

“Sebagaimana instruksi dari Kapolda, personel Brimob diterjunkan membantu segala kebutuhan korban dan bergabung bersama segenap unsur SAR di sana,” kata dia.

Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

Bacaan Lainnya: