1.116 Rumah Terendam Akibat Banjir di Kabupaten Langkat

Langkatoday.com – Intensitas curah hujan yang tinggi memicu aliran sungai Batang Serangan meluap sehingga menyebabkan 1.116 rumah di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara terendam air pada Rabu (30/8).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat melaporkan lokasi kejadian banjir terjadi di dua desa yaitu Desa Tebing Tanjung Selamat, Kecamatan Padang Tualang dan Desa Sei Bamban, Kecamatan Batang Serangan.

Tim BPBD Kabupaten Langkat telah melakukan penindakan langsung ke lokasi kejadian. BPBD Kabupaten Langkat menyebutkan banjir dengan tinggi muka air antara 30 hingga 70 cm memberikan dampak langsung kepada 1.116 KK.

Kemudian, upaya lain untuk menangani bencana banjir yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Langkat adalah melakukan koordinasi dengan pihak desa dan kecamatan serta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun posko siaga bencana di kantor BPBD Kabupaten Langkat.

Berdasarkan hasil kajian inaRISK, risiko bencana banjir di Kabupaten Langkat berada di tingkat sedang hingga tinggi. Kemudian, peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan hingga Minggu (3/9) wilayah Kabupaten Langkat masih berpotensi hujan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk tetap menjaga kesiapsiagaan menghadapi banjir meskipun saat ini sedang berada di musim kemarau.

Pemerintah daerah diharapkan dapat melakukan pemantauan dan peringatan dini berbasis komunitas di kawasan dan bagian sungai yang sering menimbulkan banjir.

Selain itu terus pantau informasi cuaca secara berkala, serta menjaga lingkungan agar tetap bersih terutama dengan tidak membuang sampah ke sungai.

Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

Bacaan Lainnya: