UINSU Medan Masuk Daftar 10 Besar Kampus Islam Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2023

Foto: Humas UINSU

LANGKATODAY.COM – Dari 10 besar kampus Islam terbaik di Indonesia, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) mendapat rangking 9, yang berada di peringkat 73 secara nasional.

Rektor UINSU Medan Prof Dr Nurhayati, menyambut baik hal tersebut, dan menyampaikan pencapaian sebagai kampus Islam terbaik sembilan menurut EduRank di Indonesia ini patut disyukuri oleh seluruh keluarga besar UINSU Medan.

“Alhamdulillah, kita menampati peringkat kesembilan sebagai kampus Islam terbaik di Indonesia. Pencapaian ini patut kita pertahankan dan kita tingkatkan di berbagai aspek di masa mendatang. Misalnya terkait pelayanan akademik, sistem pembelajaran, pelayanan mahasiswa, sarana prasarana, fasilitas dan lain sebagainya,” jelas rektor.

Upaya peningkatan tersebut, lanjut Prof Nurhayati, juga ditujukan untuk memenuhi dan mewujudkan visi misi UINSU di bawah kepemimpinannya. Yakni mewujudkan UINSU sebagai Smart Islamic University, sebagai kampus yang memberikan digitalisasi layanan memanfaatkan teknologi informasi bagi segenap sivitas yakni mahasiswa dan dosen.

Prof Nurhayati juga menyampaikan apresiasi dan terima kepada seluruh sivitas akademika kampus yang terus berjuang penuh dedikasi dan pengabdian.

Sehingga UIN SU kini menjelma dan bertransformasi menjadi kampus Islam yang diperhitungkan dan berdaya saing, sejajar dengan kampus-kampus lain di Indonesia.

Ia berpesan, agar kinerja terbaik selalu diberikan untuk membesarkan dan memajukan lembaga kampus Islam kebanggaan masyarakat Sumatera Utara.

Diketahui, EduRank adalah pemeringkatan independen berbasis metrik yang dilakukan terhadap 14.131 universitas dari 183 negara. Lembaga ini menggunakan database makalah ilmiah terbesar di dunia dengan 83, 166, 817 publikasi ilmiah dan 1.801.313. 576 sitasi untuk menentukan peringkat universitas di 246 topik penelitian.

Pemilihan universitas terbaik versi EduRank dilakukan berdasarkan hasil penelitian, keunggulan non akademik dan pengaruh alumni.

Pemeringkatan ditentukan dengan menganalisis 1,3 juta sitasi yang diterima dari 805 ribu publikasi akademik yang dibuat oleh 562 universitas di Indonesia, popularitas 552 alumni yang diakui dan database referensi terbesar yang tersedia.

Berikut daftar 10 Universitas Islam Terbaik di Indonesia versi EduRank 2023

  1. Universitas Islam Indonesia menempati peringkat pertama.
    Peringkat nasional: 26
  2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta)
    Peringkat nasional: 30
  3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
    Peringkat nasional: 34
  4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
    Peringkat nasional: 35
  5. Universitas Ahmad Dahlan
    Peringkat nasional: 37
  6. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    Peringkat nasional: 45
  7. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
    Peringkat nasional: 54
  8. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
    Peringkat nasional: 55
  9. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
    Peringkat nasional: 73
  10. Universitas Islam Riau
    Peringkat nasional: 77

Informasi mengenai pemeringkatan universitas Islam terbaik di Indonesia dan peringkat kampus lainnya dapat diikuti di laman https://edurank.org.

Terkait peringkat ini, Prof Nurhayati mengimbau kepada masyarakat khususnya pada pelajar tamatan 2022, 2023, 2024 bisa menjadikan UIN SU sebagai universitas rujukan melanjutkan studi pendidikan tinggi yang punyak nilai khas. Yakni sebagai kampus moderasi agama, pusat integrasi keilmuan atau wahdatul ‘ulum dan pusat pemberdayaan masyarakat. (rel/tribun)

Kontributor Langkatoday.com

Bacaan Lainnya: