Gantikan Firli, Presiden Tunjuk Nawawi Pomolangan Jadi Ketua KPK

LANGKATODAY.comFirli Bahuri dibebastugaskan dari Ketua KPK. Sebagai gantinya, Presiden Joko Widodo menunjuk Nawawi Pomolangan.

Hal ini dilakukan sehubungan status Firli sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Hal itu disampaikan Jokowi usai menghadiri puncak Hari Guru Nasional. Namun Jokowi tidak mau menjelaskan secara detail alasan pergantian tersebut.

“Banyak pertimbangan, memang pilihannya ada empat, tetapi apapun kita harus memilih satu nggak mungkin empat- empatnya kita pilih,” katanya, Sabtu (25/11/23)

Jokowi berharap, setelah penunjukan Nawawi, tugas dan kewenangan KPK berjalan lebih baik sampai terpilih ketua definitif.

Jokowi lantas menjawab pandangan negatif terhadap KPK belakangan ini. Dia membiarkan KPK berjalan terlebih dahulus sambil evaluasi.

“Saya kira biar berjalan terlebih dahulu, nanti sambil berjalan kita lihat evaluasinya,” tuturnya.

Diketahui, Jokowi telah menandatangani keputusan presiden (keppres) pemberhentian sementara Firli dari posisi Ketua KPK dan menunjuk Nawawi sebagai pengganti di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (24/11/23) malam.

“Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, Jumat (24/11) malam.

Nawawi lahir pada tahun 1962. Ia dulu merupakan hakim dari pengadilan satu ke pengadilan lain. Nawawi mulai dikenal publik ketika bertugas di PN Jakarta Pusat pada 2011-2013 karena dirinya kerap mengadili berbagai kasus korupsi yang ditangani KPK.

Kemudian pada 2019, Nawawi terpilih sebagai salah satu pimpinan KPK baru yang bertugas memimpin KPK periode 2019-2023. Jabatan Nawawi adalah Wakil Ketua KPK. (rel/dtk)

Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

Bacaan Lainnya: