Pengawas SD Galang Dukungan ke Caleg Anak Kadisdik Langkat, Bawaslu Telusuri

LANGKATODAY.COM – Pengawas Sekolah Dasar (SD) di Besitang, Langkat, berinisial BT diduga mengarahkan dukungan guru ke salah satu caleg DPRD Sumut berinisial FS.

FS (Fitrah Suriadi) merupakan anak dari Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Langkat berinisial SA (Saiful Abdi).

Hal itu diketahui dari rekaman suara diduga merupakan suara BT yang tersebar. Dalam rekaman tersebut, BT menggalang dukungan ke dua caleg.

“Mohon kami, harapan kami yaitu satu sisi ya ada kewajiban kita sesama muslim, di sisi lain dia orang pendidikan, yang berikutnya dia orang Besitang,” kata BT dalam rekaman yang didengar, Sabtu (10/2/2024).

Kemudian BT meminta untuk memilih FS yang merupakan caleg DPRD Sumut. FS disebut merupakan anak Kadisdik Langkat.

“Kita istiqomah kan pilih nomor 10 Partai PAN yaitu Fitrah anak Pak Kadis kita, itu orangtua kita ya orang tua kita di Dinas Pendidikan,” ucapnya.

Sedangkan untuk DPR RI, BT meminta agar memilih ST. ST disebut merupakan keponakannya.

“Untuk di pusat (DPR RI) saya minta saya ya yang saya kirimkan itu, permintaan saya ya, tolong dukung Sahril Tumanggor SE, SH, MH, nah ini keponakan saya Syahril Tumanggor ini, jadi silaturahmi keluarga kita kami mohon untuk ada kerjasamanya,” ujarnya.

BT menuturkan jika ini merupakan permintaan terakhir dia. Sebab, pada Agustus 2024, BT akan pensiun.

“Permintaan saya ini mungkin terakhir untuk yaa, kenapa? Kita nggak akan ketemu di Pileg 5 tahun ke depan, bulan 8 (Agustus) ini saya sudah pensiun. Jadi wajar orangtua kita sekali saja, terakhir, mohon bantuannya,” tuturnya.

Salah satu guru berinisial W yang merupakan peserta saat BT menggalang dukungan itu menyebutkan jika itu terjadi saat acara kelompok kerja guru (KKG) di SD Negeri 054921 Besitang, Langkat. BT sendiri disebut merupakan Pengawas SD Gugus 1 Besitang.

“Acara KKG guru,” sebut W.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Langkat, Ahmad Kurniawan Harahap, menjelaskan jika pihaknya akan menelusuri soal rekaman tersebut. Panwascam Besitang disebut akan melakukan penelusuran.

“Nanti coba saya konfirmasi ke Panwascam Besitang, biar ditelusuri anggota kita di kecamatan dulu,” ucap Ahmad Kurniawan Harahap. (rel/dtk)

Kontributor Langkatoday.com

Bacaan Lainnya: