Keren! Dosen di IPB ini Ciptakan Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi

Seorang dosen di IPB telah ciptakan aplikasi untuk menerjemahkan tangisan bayi dengan nama Madsaz (Instagram @pandemictalks)

Langkatoday.com – Seorang dosen yang mengajar di IPB berhasil menciptakan sebuah aplikasi yang bermanfaat. Dari dosen IPB tersebut sebuah aplikasi penerjemah tangisan bayi telah tercipta dan bisa digunakan.

Diketahui, aplikasi penerjemah tangisan bayi tersebut kini telah diunduh oleh 176 negara.

Medhanita Dewi Renanti merupakan nama dosen di Sekolah Vokaso Institut Pertanian Bogor (IPB). Ia telah berhasil mengembangkan sebuah aplikasi penerjemah tangisan bayi yang dinamakan Madsaz. Dari aplikasi yang telah diluncurkan tersebut sebanyak 176 negara telah mengunduh.

Aplikasi yang telah diunduh oleh 176 negara tersebut kini memiliki 257 ribu pengguna yang masih aktif.

Medhanita menjelaskan bahwa inspirasi yang membuatnya untuk menciptakan hal tersebut. Ketika ia sedang mengandung anak pertama pada 2011 dan sedang menyelesaikan studi magister.

Dikutip LANGKATODAY dari akun Instagram @pandemictalks pada Kamis (18/5/2023), Madsaz telah mendapatkan sertifikasi.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pandemic Talks (@pandemictalks)

Sertifikasi tersebut diberikan oleh Australia untuk mengidentifikasi dan mengenal jenis suara tangisan bayi.

Meski sempat ditawar oleh beberapa pengembang aplikasi dari luar negeri, Medhanita menolaknya. Hal tersebut dikarenakan dosen IPB tersebut berharap agar aplikasi yang diciptakannya bisa membantu orang tua. Sehingga para penggunanya bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh sang bayi.

Madsaz sendiri memiliki tingkat akurasi 94% untuk menerjemahkan tangisan bayi. Aplikasi tersebut bisa digunakan pada bayi berusia 0-3 bulan.

Untuk cara kerjanya sendiri, setelah mengunduh aplikasi Madsaz. Arahkan handphone pada bayi yang sedang menangis. Kemudian tekan tombol rekam saat bayi tersebut menangis. Sinyal dari suara tangisan bayi kemudian diekstraksi.

Ekstraksi tersebut dilakukan sesuai dengan DBL (Dunstan Baby Language), setelah kurun waktu 5-40 detik. Aplikasi tersebut akan menampilkan arti tangisan bayi dilayar handphone dengan merujuk DBL 5 jenis tangisan.

Pada Madsaz terdapat 5 jenis tangisan bayi versi DBL yaitu:

  • Neh: Lapar
  • Owh: Lelah (Bayi mengantuk)
  • Eh: Bersendawa
  • Eairh: Masuk angin atau perut kembung
  • Heh: Bayi tidak nyaman Popok basah, udara yang terlalu dingin atau panas

Selain menerjemahkan tangisan dari bayi. Aplikasi tersebut juga memberikan masukan atau solusi kepada penggunanya. Solusi tersebut diberikan kepada pengguna sesuai dengan jenis tangisan dari bayi.

Kontributor Langkatoday.com

Bacaan Lainnya: