Bikin PT Murah

Bersama Bumantara Team, PK IMM FDK UINSU Lakukan Aksi Peduli Sungai di Desa Bandar Klippa

Foto: Istimewa

Langkatoday.com – PK IMM FDK UINSU bersama Bumantara Team menggelar Aksi Peduli Sungai di Desa Bandar Klippa berbatasan langsung dengan Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Sabtu-Ahad (13-14/5/2023).

PK IMM FDK UINSU menjalankan sebuah program sosial kepada masyarakat. Debby Ardila Br Sembiring selaku Kepala Bidang Lingkungan Hidup PK IMM FDK UINSU melihat sampah yang mengotori sungai tersebut menjadi semangat untuk membuat kegiatan Aksi Peduli Sungai.

“Kegiatan ini bisa memotivasi banyak orang untuk terus peduli dengan lingkungan sekitarnya, dan saling bergandengan tangan untuk menciptakan lingkungan yang Bersih, Sehat dan, Nyaman. Saya juga berharap dengan adanya kegiatan ini bisa jadi salah satu pemicu untuk timbulnya bidang lingkungan hidup di IMM, khususnya IMM Sumut. Salam membudidayakan lingkungan bersih!” kata Debby Ardila Br Sembiring, Ahad (14/5/23).

Azri Muharramsyah Selaku Ketua Umum PK IMM FDK UINSU dengan yang lainnya menyusuri dan memungut sampah-sampah plastik yang ada di selokan di Sepanjangn Alirang Sungai tersebut.

“Ini menjadi Jawaban kita semasa kita masih muda untuk memanfaaatkan waktu bersama untuk daerah kita yang tercemar sampah dan menjadikan masyarakat untuk sadar akan menjaga lingkungan sekutar” Pungkas
Azri Muharramsyah

“Dalam jangka panjang sampah plastik sangat berbahaya, karena membutuhkan waktu lama untuk terurai, dan akan menjadi lebih fatal jika hewan yang dikonsumsi manusia terindikasi mikroplastik seperti daging ikan, dan lain-lain. Bahkan pengguna jalan merasa tidak nyaman ketika melewati Sungai tersebut diatas jembatan kecil karena aroma bauk busuk sampah” ungkap Kabid Lingkungan Hidup ketika melihat keadaan sungai tersebut.

Kegiatan tersebut direspon baik oleh pemerintah setempat baik Kabupaten, Kecamatan Hingga Desa.

Dukungan terhadap kegiatan tersebut dipantau langsung oleh Kepala Staff Kebersihan Andriani Zahara Nst, S. Ag

“Saya mendukung kegiatan ini karena sangatlah positif karena bermanfaat untuk orang bayak, dan menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan karena kami dari staff kebersihan sudah berupanya menjaga lingkungan dari kotorya sampah.” ujarnya.

Sekretaris Camat Percut Sei Tuan, Nasib Solichin S.Pd, M. Ap mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PK IMM FDK UINSU.

“Apa yang dilakukan mahasiswa sangatlah baik, karena membantu masyarakat untuk sama-sama saling bergotong royong untuk membersihkan lingkungan sungai yang terdampak timbunan sampah dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.” ungkapnya.

Bacaan Lainnya: