5 Jurusan Favorit di UINSU Jalur SPAN PTKIN Tahun 2023, Cek Jadwal dan Syaratnya Tahun Ini

BERITA LANGKAT – Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2024 menjadi salah satu jalur penerimaan favorit dengan pilihan kampus Islam di bawah Kementerian Agama RI.

Seperti Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), SPAN-PTKIN menyeleksi calon mahasiswanya menggunakan prestasi akademik atau non-akademik yang telah didapatkan ketika bersekolah.

Namun, perbedaan mendasar antara keduanya adalah SPAN-PTKIN diselenggarakan pada kampus yang berada di bawah Kementerian Agama.

Sedangkan SNBP diselenggarakan pada kampus yang berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Dalam pelaksanaannya, SPAN-PTKIN dilakukan secara nasional dan diikuti oleh 59 PTKIN yang siap menerima mahasiswa, salah satunya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU).

Pada seleksi SPAN PTKIN 2023, terdapat 5 jurusan favorit di UINSU yang bisa menjadi acuan Tribunners dalam memilih jurusan di tahun 2024 ini.

Sub Koordinator Humas dan Informasi UINSU, Yunni Salma menyampaikan berdasarkan data tahun sebelumnya berikut lima jurusan favorit jalur SPAN PTKIN 2023, yakni:

  1. Perbankan Syariah 2.347 peserta
  2. Pendidikan Agama Islam peminat 2.044
  3. Akuntansi Syariah 1.613 peserta
  4. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1.446 peserta, dan
  5. Ekonomi Islam 1.366 peserta.

Yuni mengatakan jurusan favorit di tahun lalu berbeda disetiap jalurnya, jika jalur SPAN PTKIN yang menjadi favorit adalah Perbankan Syariah, tetapi pada jalur UM PTKIN yang favorit Pendidikan Agama Islam.

“Tetapi kedua jurusan ini selalu berkejaran menjadi yang favorit dipilih calon mahasiswa, pada jalur apapun itu,” ujarnya.

Disebutnya jumlah jurusan yang ditawarkan pada jalur SPAN PTKIN tahun 2023 berjumlah 31 prodi.

“Daya tampung tertinggi itu jurusan Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir dengan menyediakan 152 kursi,” pungkasnya.

Jadwal Seleksi SPAN-PTKIN 2024

Sampai saat ini belum ada jadwal terbaru SPAN-PTKIN 2024, namun berikut acuan jadwal tahun sebelumnya, yaitu:

  1. Pengisian dan verifikasi PDSS: 17 Januari – 13 Februari 2023
  2. Pendaftaran (siswa): 16 Februari – 4 Maret 2023
  3. Pengumuman hasil seleksi: 3 April 2023

Syarat Pendaftaran SPAN-PTKIN 2024

Ketentuan umum

  1. Seleksi berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.
  2. Satuan pendidikan yang berhak mendaftarkan siswanya adalah MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  3. Siswa yang telah didaftarkan oleh Kepala Satuan Pendidikan tersebut berhak mengikuti seleksi SPAN-PTKIN.

Ketentuan siswa

  1. Siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah kelas terakhir tahun 2023.
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi.
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  4. Memiliki nilai rapor kelas X (semester 1 dan 2), kelas XI (semester 1 dan 2), kelas XII (semester 1) yang telah diisi ke PDSS.

Langkaters bisa mengecek secara berkala info terbaru mengenai jalur masuk SPAN PTKIN 2024 melalui laman https://span.ptkin.ac.id/. (rel/tribun)

Kontributor Langkatoday.com

Bacaan Lainnya: