Pakar Sejarah Andalusia: Jika Saja Eropa Mengambil Sains dan Islam

LANGKATODAY.COM – Nama beliau adalah Dr Abdurrahman Ali Al Hajji, seorang ahli ilmu yang mewakafkan hidupnya untuk mempelajari sejarah peradaban Islam di Andalusia. Kata-katanya hidup, nasihatnya menyala dan related dengan kondisi Umat Islam kini.

Beliau sering sekali berkata dalam seminar-seminarnya, bahwa mempelajari sejarah Islam adalah gudang inspirasi yang sangat mahal harganya. Apalagi jika bahasannya adalah: sejarah Islam di Eropa.

Dalam salah kajian sejarahnya, Dr Al Hajji mengungkapkan satu statement yang sangat menarik.

“Kaum Muslimin Andalusia telah membangun peradaban maju yang berasas pada agama Islam. Ketika Bangsa Eropa mewarisi ilmu peradaban itu, mereka hanya mengambil sisi sainsnya saja namun melupakan asas dan tiang penyangga utamanya: Islam.”

Beliau melanjutkan,

Read More

“itulah mengapa, kita melihat Eropa memiliki peradaban maju tapi banyak juga kekurangan di sisi lainnya. Jika saja mereka dulu mengambil sains dan Islam, maka kemajuan itu akan lengkap dan jelas.”

Sebuah penelusuran yang menarik sekaligus membuat kita bertanya-tanya: mengapa Umat Islam hari ini juga jatuh dan rasanya kehilangan banyak hal?

Jangan-jangan kita lebih ironis lagi: abai pada ilmu agama, apatis pula pada sains. Padahal nenek moyang kita telah memberikan jejak peradaban yang nyata. Umat ini hanya akan bangkit ketika memulai segala sesuatunya dengan iqra. Dengan membaca, mengilmui dan memahami, baik agama maupun ilmu tentang dunia. Sejarah mengajarkan itu, apakah engkau cukup peka untuk menangkap sinyalnya?

Dr Abdurrahman Ali Alhajji, Pakar Sejarah Andalusia

 

-----------

Ikuti kabar terkini lainnya di Google News

Butuh Website? Hubungi Dapur Website Indonesia

Related posts