www.domainesia.com

Hari ke-198: 34.097 Tewas, 76.980 Luka-luka di Gaza

LANGKATODAY.COM, Jakarta – Kementerian Kesehatan di Gaza mengumumkan bahwa pasukan pendudukan Israel telah melakukan 5 pembantaian terhadap keluarga-keluarga di Gaza dalam 24 jam terakhir, menewaskan 48 orang Palestina dan melukai 79 orang lainnya.

Banyak korban yang masih berada di bawah reruntuhan dan di jalanan karena IOF dengan sengaja mencegah ambulans dan kru pertahanan sipil untuk menjangkau mereka.

Hal ini menjadikan jumlah warga Palestina yang terbunuh oleh genosida Israel terhadap Gaza menjadi 34.097 orang dan mereka yang terluka menjadi 76.980 orang sejak 7 Oktober, menurut kementerian tersebut.

Jumlah Kasus Penyakit Pernapasan Melonjak di Gaza

Salama Marouf, Kepala Kantor Media Pemerintah Gaza, melaporkan pada 20 April lalu bahwa ratusan orang di Jalur Gaza terjangkit penyakit pernafasan akibat penggunaan kayu, batu bara, puing-puing bangunan, bahan plastik, dan bahan kimia sebagai alternatif bahan bakar untuk menyalakan api, sehingga mengeluarkan gas beracun.

Blokade Israel di Gaza telah mencegah masuknya kebutuhan penting seperti gas untuk memasak dan berbagai jenis bahan bakar lainnya. Bagian utara dan tengah Gaza adalah wilayah yang paling terdampak, kata pejabat tersebut.

Jumlah kasus yang terdaftar dari orang-orang yang terkena penyakit pernapasan telah melonjak sebagai akibat dari warga yang mengandalkan menyalakan api dengan bahan yang tidak aman selama berjam-jam setiap hari selama beberapa bulan terakhir, baik untuk memasak, memanaskan air, atau bahkan untuk penerangan.

Pihak berwenang Gaza memperingatkan adanya konsekuensi serius akibat kondisi ini, termasuk meningkatnya kemungkinan tertular kanker paru-paru dan penyakit pernapasan akibat asap beracun. (rel/almayadeen)

------
Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News, WhatsApp Channel dan Telegram

Bacaan Lainnya: