Ratusan Juta Serangan Menyasar Situs Web Resmi KPU, Anggota KPU RI: Hampir Semua Situs

LANGKATODAY.COM – Situs web resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, mendapatkan ratusan juta serangan yang membuat Denial of Service (DoS).

Betty Epsilon Idroos, seorang anggota KPU RI menyatakan bahwa bukan puluhan atau ratusan, melainkan serangan ke situs web KPU RI mencapai ratusan juta serangan.

Dilansir dari antaranews.com, Kamis (15/2) DoS adalah salah satu jenis serangan yang dilakukan dengan membanjiri lalu lintas jaringan yang mengacu pada aplikasi di server, sistem, atau situs web.

Biasanya serangan DoS dapat membuat lalu lintas server berjalan dengan berat, hingga kemungkinan terburuk tidak dapat menampung koneksi dari user lain atau overload.

Betty Epsilon Idroos juga menerangkan bahwa situs web KPU RI memuat informasi dan data Pemilu 2024, sedangkan hasil pemilu berada di situs web infopemilu.kpu.go.id.

“Hampir semua situs yang dimiliki KPU diserang dan memang di situs web kpu.go.id ini lumayan serangan terhadap situs web tersebut,” ujar Betty Epsilon Idroos.

Betty Epsilon Idroos menjelaskan bahwa serangan tersebut langsung ditangani oleh Satgas Keamanan Siber KPU.

Selain itu, Betty Epsilon Idroos juga menceritakan, bahwa setelah menyalurkan suara, ia langsung melakukan pemeriksaan atas kendala yang terjadi pada situs web KPU RI.

“Alhamdulillah hari ini sekarang sudah mulai recovery untuk situs web kpu.go.id. Jadi, mudah-mudahan semuanya masih under control untuk diperbaiki oleh KPU,” ujar Betty Epsilon Idroos.

Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 merupakan pesta demokrasi yang meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, dan anggota DPRD kabupaten/kota.

Pemilu 2024 memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pada pemilihan presiden dan wakil presiden, terdapat tiga pasang yaitu, nomor urut satu ada Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Nomor urut dua ada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. sedangkan nomor urut tiga, yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Dalam pelaksanaan Pemilu 2024, diikuti sebanyak 18 partai politik nasional, yang diantaranya meliputi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Selain itu, juga ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Tidak hanya itu, terdapat enam partai lokal yang menjadi peserta pada Pemilu 2024, diantaranya ada Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, dan Partai Darul Aceh.

Berikutnya ada Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 akan berlangsung mulai dari tanggal 15 Februari hingga 20 Maret 2024. (rel/jp)

Bacaan Lainnya: