www.domainesia.com

5 Orang Jadi Tersangka Pembunuhan Eks Anggota DPRD Langkat

Langkatoday.com – Polisi menangkap lima orang terkait kasus penembakan mantan anggota DPRD Kabupaten Langkat, Paino (47), hingga tewas. Kelima orang itu telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Kelima tersangka ini diamankan dari lokasi yang berbeda-beda. Otak pelaku ditangkap di Kawasan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang dan eksekutor ditangkap di Aceh. Sedangkan tiga lainnya diamankan di kediaman masing-masing,” kata Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Senin (13/2).

Kelima orang yang ditangkap yakni LS Ginting alias Tosa (26), warga Bukit Dinding Desa Besilam Bukit Lembasa Kecamatan Wampu; D Bangun (38), warga Desa Timbang Jaya Kecamatan Bahorok; dan P Sembiring (43), warga Desa Gunung Tinggi Kecamatan Sirapit.

Kemudian, MH alias Tio (27), warga Kelurahan Perdamaian Kecamatan Stabat Kabupaten; dan SY alias Tato (27) warga Kelurahan Bingai Kecamatan Wampu.

Panca menambahkan motif para tersangka membunuh Paino karena masalah bisnis kelapa sawit.

Otak pembunuhan adalah LS Ginting alias Tosa yang merupakan pemilik usaha kelapa sawit di Langkat.

“Ini berkaitan dengan usaha, Tosa memiliki usaha mengumpulkan sawit,” jelas dia.

Menurut Panca, usaha perkebunan sawit Tosa merosot dalam beberapa waktu belakangan. Paino yang merupakan politikus Partai Golkar itu disebut sebagai saingan usahanya.

“Korban itu sebagai saingan usahanya. Dari persoalan inilah, Tosa merencanakan untuk menghabisi nyawa korban. Ini direncanakan Tosa dan beberapa orang termasuk eksekutor maupun orang yang membantu,” ujarnya.

Diberitakan, eks anggota DPRD Kabupaten Langkat Paino tewas ditembak pada 26 Januari 2023 malam.

Saat itu Paino tengah mengendarai motor melintas di Jalan Devisi 1, Desa Basilam BL, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. (rel/cnn)

------
Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News, WhatsApp Channel dan Telegram

Bacaan Lainnya: