Pengumuman: Indonesia Akhiri Status Pandemi

Langkatoday.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan ulang tahunnya yang ke-62 dengan pengumuman monumental yang mengubah fase penanganan Covid-19 di Indonesia.

Pada tanggal 21 Juni 2023, dia mengumumkan pencabutan resmi status pandemi Covid-19 di Indonesia.

Sebuah langkah berani yang ditandai sebagai awal dari fase endemi di negara ini, mencerminkan kemajuan signifikan dalam upaya nasional melawan virus corona.

“Setelah tiga tahun lebih kita berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19, sejak hari ini Rabu 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi,” kata Presiden Jokowi, seperti yang dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (21/6).

Keputusan ini diambil menyusul pencabutan status ‘public health emergency of international concern’ (PHEIC) untuk Covid-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, hal ini juga didasarkan pada konfirmasi kasus Covid-19 harian di Indonesia yang kini telah mendekati nol.

Presiden juga mengungkapkan bahwa hasil Sero Survei menunjukkan bahwa hampir seluruh populasi Indonesia, atau 99 persen, telah memiliki antibodi terhadap Covid-19. Fakta ini menandakan bahwa kekebalan kolektif telah terbentuk di masyarakat.

Namun demikian, meski memasuki era endemi, Jokowi menekankan pentingnya masyarakat tetap berhati-hati dan menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih. Ini termasuk menjalankan protokol kesehatan yang telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita selama pandemi.

Selain itu, kepala negara mengharapkan bahwa pencabutan status pandemi ini dapat membawa angin segar bagi perekonomian nasional.

“Tentunya dengan keputusan ini, pemerintah berharap perekonomian nasional akan bergerak semakin baik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Dengan pencabutan status pandemi ini, Indonesia kini memasuki fase baru dalam penanganan Covid-19. Pada saat yang sama, hal ini memberikan harapan baru bagi pemulihan ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat di masa mendatang.

Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

Rekomendasi untuk Anda:
%d blogger menyukai ini: