Indonesia Takluk 1-3 dari Jepang

Marselino gagal membawa kemenangan untuk Indonesia (@afcasiancup)

LANGKATODAY.COMTimnas Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang dalam laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023. Bertanding di Al Thumama Stadium, Doha, Rabu (24/1/2024), skuad Garuda takluk 1-3 atas Samurai Biru.

Tiga gol kemenangan Jepang berhasil diciptakan Ayase Ueda masing-masing di menit ke-4′ 52′ dan gol bunuh diri Justin Hubner di menit ke-88. Indonesia baru bisa membobol gawang Jepang di menit ke-90+1 melalui kaki Sandy Walsh.

Petaka langsung menghampiri skuad Garuda ketika wasit memberikan hadiah penalti untuk Jepang di menit ke-3.

Penalti diberikan setelah Jordi Amat melanggar bomber Jepang Ayase Ueda di kotak terlarang. Wasit sempat mengecek VAR sebelum memutuskan penalti untuk Samurai Biru.

Ueda yang mengeksekusi langsung tendangan penalti tersebut menjalankan tugasnya dengan sempurna. Jepang pun memimpin 0-1 atas Garuda.

Meski unggul satu gol, Jepang belum mau mengendurkan serangan. Terbukti, hingga menit ke-20 pertahanan Merah Putih terus dikepung Ritsu Doan dan kolega.

Indonesia perlahan mulai keluar dari tekanan di menit ke-30. Peluang pertama pun hadir melalui Marselino Ferdinan yang berhasil merangsek masuk ke sisi kanan kontak penalti Jepang.

Sayang, peluang itu belum berhasil dimanfaatkan untuk merubah keadaan setelah umpannya ke arah tengah kotak 12 pas berhasil diblok bek Jepang.

Hingga babak pertama usai tak ada gol tambahan tercipta.

Skuad Garuda belum bisa lepas dari tekanan di awal babak kedua. Alhasil, Jepang justru kembali menambah keunggulan 2-0 di menit ke-52.

Permainan taktis dari kaki ke kaki membuat armada Hajime Moriyasu sukses menggandakan kedudukan.

Adalah Ayase Ueda yang kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan mendatar Ritsu Doan dari sisi kanan gawang Ernando Ari.

Perubahan kemudian dilakukan Shin Tae-yong. Sang pelatih memasukkan Elkan Baggott untuk menggantikan Egy Maulana Vikri.

Menariknya, Baggott yang sedianya berposisi sebagai bek tengah justru menempati posisi penyerang. Namun, perubahan itu belum juga membuahkan hasil.

Justru gol ketiga bagi Jepang berhasil tercipta di menit ke-88 setelah Hubner melakukan gol bunuh diri.

Sandy Walsh sempat membuka asa bagi Garuda ketika dirinya berhasil menceploskan bola ke gawang Zion Zusuki di menit ke-90+1.

Gol tercipta melalui skema lemparan ke dalam Pratama Arhan yang langsung mengarah ke kotak penalti. Bola liar kemudian menghampiri Sandy Walsh yang langsung mengeksekusinya dengan baik.

Jual beli serangan antar kedua tim terus berlanjut hingga menjelang akhir babak kedua. Sayang, hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 3-1 untuk kemenangan Jepang pun bertahan hingga laga usai. (rel/inilah)

Kontributor Langkatoday.com

Bacaan Lainnya: