KPU Langkat Bersama Insan Pers Lakukan Sosialisasi Persiapan Kampanye Pemilu 2024

LANGKATODAY.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat, menggelar coffee morning dengan jurnalis dirangkai dengan sosialisasi persiapan kampanye pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024 yang aman dan damai di Jalan T. Putra Abdul Aziz Stabat, Kabupaten Langkat, Jumat (24/11) pagi.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Langkat Magfirah Fitri Menjerang dalam sosialisasinya menjelaskan, Coffe Morning yang digelar dalam rangka menyampaikan pesan atau informasi terkait pemilu.

Dimana pers memiliki peran penting dalam menyebarluaskan informasi (sosialisasi) mengenai proses dan ketentuan Pemilu, kinerja peserta pemilu, serta hak dan kewajiban pemilih.

“Melalui peran tersebut pers ikut aktif melakukan pendidikan politik, yaitu membantu masyarakat menentukan pilihan politik mereka”, ucap Magfirah.

Lebih lanjut disampaikan Magfirah, Pers juga diharapkan dapat berperan aktif dalam perannya yang strategis dan bisa menciptakan situasi yang aman sebagai sosial kontrol mencegah terjadinya konflik sosial dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

Sebelumnya Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Langkat M Darwis Sinulingga dalam sambutannya menghimbau kepada insan pers khususnya anggota PWI Langkat dalam menyajikan berita hendaknya secara bijak dan bersikap independensi dengan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, serta hindari berita hoax.

“Dalam waktu dekat pesta Demokrasi akan berlangsung, tahapan Pemilu juga sudah mulai berjalan, mari kita kawal dan jaga prosesnya agar terciptanya demokrasi yang damai dan aman, mari kita dukung pelaksanaan pemilu, Pemilu Merupakan Sarana Integarsi Bangsa” tegas Darwis.

Diharapkan kepada wartawan sambung Darwis, dalam menyajikan informasi yang telah dihimpun dilapangan dari berbagai sumber dapat mengedukasi masyarakat sehingga fungsi dari media dan pers itu dapat terwujud.

Lebih jauh dikatakannya, mengacu kepada ketentuan Dewan Pers wartawan yang tergabung di LSM atau organisasi tertentu dianjurkan agar mengundurkan diri dari keanggotaan/aktivitas LSM atau organisasi kemasyarakatan tertentu demi menjaga kemurnian pers profesional. (rel/telisik)

Bacaan Lainnya: