www.domainesia.com

6 Rekomendasi Aktivitas Santai Kala Memasuki Masa Pensiun

LANGKATODAY.comMasa pensiun merupakan periode penting dalam hidup seseorang yang telah menginjak lanjut usia (lansia). Pada masa ini setiap orang akan menghadapi fase baru dalam hidupnya.

Bisa dibilang pensiun adalah masa yang dapat meningkatkan stres. Pasalnya, adanya peralihan aktivitas yang dulunya bekerja secara aktif menjadi pasif.

Jika dilakukan dengan tepat, masa pensiun dapat menjadi masa yang menyenangkan untuk melakukan berbagai aktivitas positif.

Dilansir melalui Jawa Pos Radar Jogja, berikut ada enam rekomendasi kegiatan produktif yang bisa dilakukan saat masa-masa pensiun:

1. Berkebun

Berkebun setelah pensiun merupakan salah satu aktivitas yang dapat memberikan banyak manfaat positif untuk kesehatan mental dan fisik.

Berkebun dapat menjadi pengalaman yang sangat relaksasi. Karena, merawat tanaman dan berada di alam terbuka dapat membantu mengurangi stres.

2. Menulis

Kegiatan menulis bisa menjadi salah satu langkah terbaik untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, hingga pengalaman. Menulis menjadi sebuah media untuk mengabadikan kenangan, pengetahuan, dan pengalaman kepada generasi mendatang.

3. Olahraga

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dapat memberikan manfaat penting dalam meningkatkan kualitas hidup pada masa pensiun. Seperti yang diketahui, olahraga dapat membantu menjaga kebugaran fisik dan mengurangi risiko terserang penyakit.

Selain itu, olahraga juga membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi depresi.

4. Seni dan kerajinan

Melakukan aktivitas seperti membuat sebuah karya seni dan kerajinan adalah kegiatan positif untuk mengekspresikan pikiran secara kreatif.

Selain itu, menyalurkan keterampilan maupun mempelajari keterampilan baru seperti melukis, merajut, menjahit, dan membuat kerajinan tangan atau memahat, diketahui dapat meningkatkan kebahagiaan di masa pensiun.

5. Kegiatan sosial

Masa pensiun adalah saat yang ideal untuk melakukan berbagai kegiatan sosial dalam membantu pengembangan diri serta memberikan pengaruh positif dalam hidup.

Anda bisa memanfaatkan waktu luang dengan bergabung dalam komunitas yang memiliki minat sama seperti klub seni maupun klub perjalanan.

6. Liburan

Liburan kala masa pensiun kerap memberikan manfaat positif dan kesempatan untuk bersantai, sembari menikmati hasil kerja keras semasa aktif bekerja.

Hal tersebut telah menjadi sebuah kesempatan, untuk menciptakan kenangan berharga bersama teman, keluarga, atau orang yang dicintai. Dan, pastinya dapat mengurangi stres dan depresi di masa pensiun.

------
Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News, WhatsApp Channel dan Telegram

Bacaan Lainnya: