www.domainesia.com

Seleksi CPNS 2024 Dibuka Juli

Langkatoday.com, Stabat – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menargetkan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 dibuka Juli mendatang. Seleksi bakal dibuka usai penetapan formasi yang diharapkan rampung Juni ini.

Namun, jadwal tersebut masih bersifat tentatif.

“Mudah-mudahan sih, kita sih mintanya Juni harusnya sudah selesai (penetapan formasi), supaya Juli bisa ini (buka seleksi), tapi kita belum tau ya kapan ininya, masih nunggu penetapan dari pak menteri (PAN-RB),” kata Sekretaris Kemenpan-RB Rini Widyantini di Gedung DPR, Rabu (12/6).

Rini mengatakan seluruh instansi sudah mengusulkan formasi ASN yang dibutuhkan. Saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang melakukan validasi data formasi agar sesuai antara data ASN dengan yang diusulkan.

“Nah ini kita masih menunggu nanti kalau memang itu sudah klop maka kita akan melakukan penetapan (formasi),” katanya.

Meski pembukaaan seleksi CPNS 2024 mundur, Rini yakin rekrutmen bisa dilakukan tiga kali tahun ini.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan terdapat 1.289.824 total persetujuan prinsip formasi pada 2024 yang terbagi menjadi 427.650 pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah.

Jumlah ini juga termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah daerah.

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai Bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN,” sebut Anas pada konferensi pers pengadaan ASN tahun 2024 di Jakarta, Jumat (3/5) lalu.

Namun, Anas mengatakan kepastian jadwal pengumuman instansi, pendaftaran, dan seleksi akan menyesuaikan perkembangan yang ada, walau pemerintah berusaha mempercepat proses verifikasi dan validasi rincian formasi. (rel/cnn)

------
Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News, WhatsApp Channel dan Telegram

Bacaan Lainnya: