www.domainesia.com

CPNS 2024 Diundur Lagi? Begini Penjelasan Menteri PANRB

Foto: MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas (Wildan/detikcom)

JAKARTA (Langkatoday) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas buka suara mengenai kemungkinan pembukaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) 2024 akan diundur.

Dia mengatakan tes yang seharusnya dimulai pada Juli ini, kemungkinan akan mundur karena belum semua kementerian atau lembaga menyetorkan formasi yang akan dibuka.

“Terkait dengan CPNS, ini kaitannya dengan pengusulan dari kementerian atau lembaga,” kata Anas dikutip pada Senin, (8/7).

Anas mencontohkan kementerian dan lembaga pemerintah pusat seharusnya mendapatkan kuota untuk lulusan baru atau fresh graduate sebanyak 200.000 formasi. Namun, sampai sekarang mereka baru mengusulkan formasi sebanyak 130.341.

“Inilah yang menyebabkan kita menunggu, karena formasi yang kita berikan tidak diusulkan kementerian atau lembaga maupun pemerintah daerah,” kata dia.

Sebelumnya, pemerintah sempat mengumumkan akan mulai membuka seleksi CASN, termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Juli 2024. Jadwal terbaru tersebut sebenarnya juga sudah mundur dari awalnya yang ditargetkan dimulai pada Juni.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan pihaknya hingga saat ini belum mengumumkan kapan pendaftaran CPNS akan dimulai. Hal ini ditegaskan BKN setelah viral di media sosial soal pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka mulai 15 Juli 2024.

Dalam unggahan di TikTok dikatakan pengumuman seleksi CPNS berlangsung mulai 15-29 Juli 2024. Sementara itu, pendaftaran dimulai pada 16 Juli sampai dengan 5 Agustus 2024.

“Terkait rencana pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK masih menunggu pembukaan resmi dari Kementerian PANRB,” kata Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Vino Dita Tama, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (26/6).

Vino memastikan BKN akan mengumumkan jika jadwal pembukaan sudah ditetapkan. Pihaknya akan menyampaikan lebih lanjut jadwal per-tahapannya. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk menunggu informasi resmi dari pemerintah.

“Silakan ditunggu informasinya,” tegasnya. (rel/cnbc)

------
Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News, WhatsApp Channel dan Telegram

Bacaan Lainnya: