Scroll untuk baca artikel
Langkatoday.com
langkatoday.com
BeritaPolitik

16 Anggota PKD Resmi Dilantik Panwaslu Kecamatan Kuala

Avatar photo
×

16 Anggota PKD Resmi Dilantik Panwaslu Kecamatan Kuala

Sebarkan artikel ini

Ikuti kami di Google News dan WhatsApp Channel

Panwaslu Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Ahad (02/06/2024)

Langkatoday.com, Kuala – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Kuala resmi melantik sebanyak 16 orang Anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dalam Rangka Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang telah lolos seleksi wawancara, dimana setelah pelantikan PKD tersebut selanjutnya akan melakukan tugas pengawas di wilayah Kelurahan/desanya masing-masing.

Pelantikan dilaksanakan bertempat di Aula Omer Cafe Lingk.II Amal Kel.Bela Rakyat, Ahad (2/6/2024).

Scroll untuk Baca Artikel
sejasa.net
Scroll untuk Baca Artikel

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Kuala yang di Wakili Oleh Sekcam Kuala (Matius,S.Sos), Kapolsek Kuala,(yang di Wakil Oleh Kanit Intel Bapak IPDA Sinar Harapan Sembiring), Danramil 04 Kuala (Yang di wakili Oleh Bapak Dadang, Ketua Panwaslu Kecamatan Kuala (Adi Siswanto,S.IP, SH) dan Anggota Komisioner Panwaslu Kec. Kuala (Kurniawan Sitepu,SE dan Ika Lestari,S.Pd), Ketua PPK Kecamatan Kuala (Fikram Adi Kesuma,S.Pd) Rohaniawan dari Agama Islam dan Agama Kristen serta Anggota Panwaslu desa sebanyak 16 orang.

Acara di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars Bawaslu yang lanjutkan dengan pelantikan anggota Pengawas Kelurahan/Desa oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Kuala serta pembacaan Pakta Integritas oleh Panwaslu Kelurahan/Desa di lanjutkan dengan Penanda Tanganan Pakta Integritas.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Panwaslu Kecamatan Kuala menyampaikan selamat kepada Panwaslu Kelurahan/Desa yang baru saja di Lantik. Tentunya yang sudah dilantik adalah orang-orang yang terpilih dari 23 orang yang mendaftar di Kecamatan Kuala dari 16 orang yang dibutuhkan satu orang perdesa.

“Maka bapak ibu lah yang terbaik oleh sebab itu tentu hal tersebut harus menjadi dasar kita untuk melaksanakan kerja-kerja pengawasan dengan penuh tanggung jawab dan berintegritas tinggi,” sebutnya.

Ketua Panwaslu Kecamatan Kuala Adi Siswanto, S.IP., SH

Diungkapkan Adi, bahwa sebanyak 23 orang yang mendaftar, sebanyak 22 yang lolos adminitrasi, yang selanjutnya berhak mengikuti Tes wawancara. Dari 22 orang tersebut hanya 1 orang yang tidak hadir, sehingga sebanyak 21 Orang mengikuti tes wawancara.

“Dari 21 orang diluluskan sebanyak 16 orang setelah dilakukan pleno oleh Komisioner Panwaslu Kecamatan Kuala dengan mengikuti ketentuan dan prosedur yang sudah ditetapkan oleh Bawaslu. Insyaallah semua sudah kami lakukan sesuai dengan juknis pedoman pemebentukan PKD sehingga tidak ada indikasi yang keluar dari ketentuan yang sudah ditentukan,” paparnya.

Dijelaskan Adi, bahwa dalam pemilihan serentak tahun 2024 nantinya untuk mengedepankan pencegahan terhadap potensi-potensi pelanggaran yang ada di dalam pemilu sehingga diperlukan sinergitas dengan mengajak kepada semua elemen sebagai penyelenggara pemilu lebih-lebih menjadi pengawas tapi semua unsur dari camat dan seluruh jajaran di desa, Kapolsek dan seluruh unsur yang ada di kecamatan Kuala untuk sama-sama mensukseskan pemilihan serentak tahun 2024 mendatang dengan sama-sama mengawasi agar tidak ada kecurangan tidak ada praktik politik uang.

“Kalau hanya penyelenggara atau pengawas saja apalagi kan setiap desa itu cuma satu pengawasnya sehingga butuh kerjasama kolaborasi antar semua unsur yang ada baik di desa atau di kecamatan” terangnya.

Lebih lanjut diterangkan Adi, bahwa setelah pelantikan ini tugas pertama yang harus dilakukan oleh anggota panwaslu Kelurahan/Desa lakukan adalah membangun silaturahim komunikasi dan sinergitas terhadap semua elemen masyarakat yang ada di desa baik pemerintah Desa, tokoh agama lebih-lebih tokoh pemuda, karena sekarang zaman ditandai dengan teknologi kemajuan teknologi dan sebagian besar pengguna teknologi dan kaum muda sangat besar sekali perannya terhadap perubahan.

“Oleh sebab itu juga menjadi bagian yang harus di atensi oleh kita nah selanjutnya bahwa pasca pelantikan ini tentu bapak ibu anggota panwaslu Kelurahan/Desa khususnya di kecamatan Kuala sudah resmi tentunya menjadi pengawas Pemilu dalam Rangka Pemilihan Serentak Tahun 2024.” jelasnya.

Diujung penyampaiannya, Adi juga mengingatkan ke depan tugas yang harus di laksanakan dan benar-benar atensi, yang pertama adalah tahapan yang sedang berjalan hari ini yaitu proses persiapan untuk penyusunan daftar pemilih nah itu nanti dilakukan oleh PPS dan pantarlihnya sebagai petugas yang membantunya. Tentu yang menjadi pengawas Kelurahan/Desa harus melakukan pengawasan melekat, karena ingat bahwa tugas pengawas desa adalah menjaga hak pilih setiap warga negara.

“Jangan sampai ada yang dirampas hak pilihnya tentu langkah-langkah pengawasan itu harus didasari dengan mengawasi langsung ke lapangan,” pungkasnya.

Selanjutnya Camat Kuala, yang wakili oleh Sekcam dalam kata sambutannya, juga menyampaikan ucapan selamat kepada panwaslu desa yang baru di Lantik, sebagai panwaslu Kelurahan/Desa tidaklah semudah apa yang diucapkan dan dibayangkan.

“yang namanya mengawasi ini, kita mengawasi orang dengan berbagai karakter yang berbeda beda dan itu harus dipahami,” ucapnya.

Lebih jauh, Sekcam menyebutkan bahwa suksesnya pemilu tidak hanya ditentukan oleh bidang pengawasan saja tapi ada tiga komponen dalam penyelenggaraan ada namanya KPU di situ beserta jajarannya sampai paling bawah yang namanya PPS dan juga KPPS, di sisi lain ada juga namanya peserta pemilu, juga ada Bawaslu dengan jajaran mulai Panwaslu kecamatan, Panwaslu Desa sampai pengawas TPS.

“Saya berpesan baik panwaslu kecamatan dan panwaslu desa agar kompak dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya demi tercapainya pemilu yang umum bebas dan rahasia,” pesannya.

Kegiatan pelantikan berjalan dengan Lancar yang di tutup dengan doa dari Rohaniawan Agama Islam.

www.domainesia.com