www.domainesia.com

Pendaftaran CPNS 2023 Terancam Batal

Langkatoday.com – Akibat masih banyak kementerian atau lembaga (KL) yang belum memasukan data formasi yang akan dibuka pada Seleksi CPNS 2023, membuat seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 jadi tak menentu.

Bahkan, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana memberi sinyal jika Seleksi CPNS 2023 terancam batal.

Ia mengaku, tidak mengetahui persis alasan dari KL maupun pemda terlambat dalam penyerahan formasi. Padahal formasi penting untuk pelaksanaan, termasuk kesiapan anggaran.

“Jadi kebutuhan formasinya dari kementerian dan lembaga daerah. Tapi sejauh ini mereka masih sibuk jadi belum semuanya masuk,” kata Bima Haria.

“Jadi saya hanya bisa menjalankan itu dengan aman kalau formasinya sudah dikeluarkan akhir Juni,” sambungnya.

Bima Haria menegaskan, jika sampai akhir Juni formasi rampung maka proses seleksi CPNS bisa dilakukan sampai Desember 2023.

“Kalau harus nabrak pemilu saya gak berani dan itu berbahaya. Security intelijen adalah pokoknya BKN tidak boleh melaksanakan kegiatan apapun pada saat pemilu,” tegasnya.

Kapan Seleksi CPNS 2023

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Penerimaan ASN 2023 terdiri CPNS dan PPPK. Namun untuk Seleksi CPNS 2023 sifatnya sangat terbatas dan selektif.

Kepastian tentang Seleksi CPNS 2023 disampaikan Menteri PAN-RB, Azwar Anas dalam laman resmi akun media sosial Kementerian PAN-RB terbaru.

“Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023,” kata Azwar Anas.

Meski demikian Abdullah Azwar Anas tidak merinci Kapan Seleksi CPNS 2023 dibuka.

Azwar Anas mengatakan saat ini instansi pemerintah sedang mempersiapkan untuk mengusulkan jumlah formasi yang akan dibuka.

“Sekarang semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” ungkapnya.

------
Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News, WhatsApp Channel dan Telegram

Bacaan Lainnya: