Mie Rebus Udang Galah Langkat, Perpaduan Rasa Manis dan Gurih yang Otentik

Langkatoday.com – Bagi anda yang sedang berkunjung ke Kabupaten Langkat, rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi salah satu kuliner yang menggugah selera yaitu Mie Rebus Udang Galah.

Berlokasi di Jalan Lintas Sumatra Utara menuju Aceh-Medan, tepatnya di Jalan Sudirman no.113, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, kuliner ini menyajikan mie berwarna kuning dicampur dengan kuah berwarna coklat dan ditambahkan dengan potongan udang galah air tawar dari Sungai Batang Serangan.

Kuliner ini mempunyai karakteristik rasa manis dan gurih yang otentik. Hal ini dikarenakan dengan adanya tambahan irisan udang galah yang menambah cita rasa mi rebus tersebut berbeda dengan mi pada biasanya.

Penasaran dengan nikmatnya Mie Rebus Udang Galah di Kabupaten Langkat? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Resep Rahasia dari Tiga Generasi

Melansir dari kanal Youtube Liputan6.com, resep kuah dari mie rebus tersebut rupanya menjadi menu rahasia dari tiga generasi. Selain ciri khas udang galah, kuahnya pun juga terbilang unik karena teksturnya tidak cair seperti kuah biasanya, melainkan bertekstur kental.

Resep mie rebus yang sudah diwariskan turun temurun, memiliki cita rasa yang otentik dan pastinya menggugah selera.

“Ciri khas dari mie rebus ini cenderung gurih, beda sekali dengan mie rebus di tempat lainnya,” kata seorang pembeli bernama Endang Junaidi mengutip dari kanal Youtube Liputan6.

Berdiri Sejak 1934

Tak hanya rasanya yang otentik dari generasi ke generasi, rupanya menu Mie Rebus Udang Galah sudah ada sejak tahun 1934. Tak heran jika makanan yang satu ini sudah begitu legendaris.

“Mi rebus ini sudah ada sejak 1934, yang memulai bisnis ini dari kakek,” kata Pedagang Mie Rebus Udang Galah, Tuyak.

Diterangkan Tuyak, menu mi rebus tersebut sudah terkenal di kalangan masyarakat Kabupaten Langkat dan menjadi salah satu kuliner legendaris di sana.

“Ya, makanan ini (Mie Rebus Udang Galah) menjadi salah satu menu istimewa di Langkat,” tambahnya.

Kontributor Langkatoday.com

Bacaan Lainnya: