Dosen IKH Medan Laksanakan Edukasi Terkait HIV/AIDS di SMA Swasta Pembangunan Galang Deli Serdang

LANGKATODAY.COM – Institut Kesehatan Helvetia Medan (IKH Medan) laksanakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan ini merupakan salah satu unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain pendidikan dan penelitian, kegiatan PkM merupakan agenda rutin yang wajib dilakukan oleh seorang dosen.

Melalui kegiatan ini, dosen dapat mengimplementasikan ilmunya dan mengedukasi masyarakat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebab sejatinya, seorang dosen bukan hanya yang mampu memberikan pengajaran pada mahasiswa akan tetapi juga bagaimana ia memberi manfaat kepada khalayak masyarakat.

Menyadari pentingnya kegiatan PkM bagi dosen maka pada tanggal 24 Januari 2024, Dian Maya Sari Siregar, S.K.M., M.Kes. bersama tim dosen dan mahasiswa melakukan kegiatan PkM di SMA Swasta Pembangunan Galang, Kabupaten Deli Serdang.

Adapun PkM yang diusung bertema “Peningkatan Pengetahuan Remaja Sebagai Upaya Pencegahan Penularan HIV/AIDS”.

Prinsip utama kegiatan yang ditawarkan adalah memberikan edukasi tentang penyakit HIV/AIDS didukung dengan media video pada siswa/siswi di SMA Pembangunan Galang Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan ini dilatarbelakangi fakta bahwa remaja merupakan kalangan yang berisiko tinggi untuk mengalami HIV/AIDS.

Penyebab terjadinya HIV/AIDS pada masa remaja adalah remaja yang menjadi pecandu narkoba khususnya pengguna jarum suntik.

Kurangnya pengetahuan tentang informasi kesehatan reproduksi, seks bebas, HIV/AIDS serta infeksi lainnya yang ditimbulkan oleh hubungan seks.

Kurangnya informasi yang diperoleh remaja tentang kesehatan reproduksi berdampak pada pengetahuan kesehatan reproduksi mereka.

Salah satu upaya untuk menekan laju penyebaran HIV/AIDS pada remaja adalah dengan memberikan promosi kesehatan.

Melalui promosi kesehatan tentang HIV/AIDS, remaja akan mendapatkan informasi yang benar mengenai HIV/AIDS.

Oleh karena itu, dianggap perlu melakukan kegiatan PkM ini guna memberikan informasi pada siswa/siswi sebagai upaya pencegahan penularan HIV/AIDS.

Lebih jauh diharapkan mereka dapat menjadi agent untuk menyebarkan informasi tentang pencegahan penularan HIV/AIDS pada teman sebaya khususnya dan masyarakat di sekitar mereka pada umumnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dian Maya Sari Siregar, S.K.M., M.Kes selaku ketua kegiatan dan ditemani beberapa anggota yakni Khairatunnisa, S.K.M., M.Kes. Roni Gunawan, S.K.M., M.Kes. Rekha Amanda, Sri Nilawati.

Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

Bacaan Lainnya: