14 Desa di Deliserdang Terendam Banjir

LANGKATODAY.COM – Sebanyak 14 desa di enam kecamatan Kabupaten Deliserdang terendam banjir akibat hujan dengan intensitas cukup lama sejak 8 hingga 10 Desember 2022.

Keenam kecamatan adalah Kecamatan Lubuk Pakam, Kecamatan Galang, Kecamatan Batang Kuis, Kecamatan Hamparan Perak, Kecamatan Beringin dan Kecamatan Pantai Labu.

“Total keseluruhan terdampak banjir di Kabupaten Deliserdang sebanyak 1.985 kepala keluarga atau 7.837 jiwa,” sebut Kepala Bidang Penanganan Darurat, Peralatan dan Logistik, Zulham Efendi Siregar, saat dikonfirmasi, Senin (12/12).

Zulham mengatakan, selain intensitas hujan cukup lama, banjir yang terjadi di Kabupaten Deliserdang dipicu meluapnya air di sejumlah sungai ke pemukiman warga.

“Kemudian, Drainase yang kurang menampung debit air. Tanggul jebol di Kecamatan Hamparan Perak dan sampai sekarang tanggul yang jebol belum diperbaiki,” ujarnya.

Zulham mengatakan, upaya dilakukan Koordinasi dengan lurah, desa, camat, Dinas Sosial dan OPD terkait. Melakukan mitigasi penyebab terjadinya banjir dengan mendirikan posko bencana, posko pengungsian, posko kesehatan dan posko dapur umum.

“Kita mengimbau kepada warga untuk waspada terhadap kemungkinan naiknya ketinggian air banjir. Sedangkan kebutuhan, yakni logistik untuk pengungsi sudah disiapkan,” pungkasnya.

Sumber: waspada.co.id

Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

Bacaan Lainnya: