www.domainesia.com

IKH Medan Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Mangga Langkat, Perkenalkan Manfaat Limbah Tulang Ikan

Sosialisasi Pemanfaatan Hydroxyapatite dari Tulang Ikan Tuna Sirip Kuning (Thunnus albacares) Sebagai Bahan Tambahan Pada Rice Crackers Bayi di Masyarakat Desa Mangga Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat

Langkatoday.com, Medan – Dosen dan Mahasiswa Farmasi dari Fakultas Farmasi Institut Kesehatan Helvetia Medan (IKH Medan) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Mangga, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat. Sumatera Utara. Selasa (04/06/2024)

Kegiatan ini bertema tentang “Pemanfaatan Limbah Tulang Ikan untuk Pembuatan Makanan Bayi Cookies dan Crackers”.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh tim dosen yang beranggotakan apt. Azzura Ligo, M. Biotek, Hendri Faisal, S.Si., M.Si dan apt. Irzal Fanany, S.Farm., M.Farm

Hadir dalam kegiatan tersebut aparat dan warga yang sangat antusias untuk mengetahui manfaat dari Tulang Ikan untuk Pembuatan Makanan Bayi Cookies dan Crackers.

Kepala Desa, Desa Mangga Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat Bapak Umar Dedi dalam sambutannya mengatakan kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh warga.

Sebagaimana diketahui, tulang ikan merupakan hasil samping dari pengolahan ikan atau limbah yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Kandungan gizi tulang ikan terdiri dari unsur utama seperti kalsium (Ca), fosfor (P), dan Karbon (C) yang baik untuk pembentukan tulang dan gigi serta melancarkan fungsi otot, otak dan sistem syaraf pada bayi.

Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan masyarakat lebih paham manfaat dari limbah tulang ikan yang baik untuk dijadikan bahan makanan bayi karena tingginya kalsium yang baik utuk bayi dimasa pertumbuhannya.

Foto Bersama Dosen Institut Kesehatan Helvetia dan Kepala Desa Serta Warga Desa Mangga Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat

Pihak Institut Kesehatan Helvetia Medan sepenuhnya mendukung kegiatan Pengabdian Masyarakat tahun 2024 ini.

Bentuk dukungan yang diberikan terhadap pelaksanaan PKM berupa pemberian fasilitas sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama kegiatan berlangsung.

Terima kasih juga disampaikan kepada Bapak Umar Dedi selaku Kepala Desa Mangga yang telah memberikan izin pelaksanaan PKM ini.

------
Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News, WhatsApp Channel dan Telegram

Bacaan Lainnya: