www.domainesia.com

Tegas, Presiden Jokowi Serukan Gencatan Senjata di Gaza: Israel Harus Bertanggung Jawab

LANGKATODAY.com – Agresi yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina di Jalur Gaza terus jadi perhatian para pemimpin dunia, termasuk Presiden RI Jokowi.

Presiden Jokowi bahkan baru-baru ini dengan lantang dan tegas meminta Israel bertanggung jawab atas kekejaman yang mereka lakukan terhadap warga di Gaza, Palestina.

Melansir YouTube Sekretarian Presiden, Jokowi minta Israel bertanggung jawab usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Dalam KTT, Jokowi bersama dengan para pemimpin negara-negara OKI membahas terkait genosida yang terjadi Gaza, Palestina.

Presiden Jokowi mengajak negara-negara OKI untuk bersatu di garda terdepan, memperjuangkan keadilan bagi warga Palestina.

“Saat KTT saya menyampaikan secara jujur bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina sehingga saya mengajak negara anggota OKI untuk bersatu, dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina,” kata Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga dengan tegas dan lantang menuntut Israel untuk bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan terhadap warga Palestina.

“Perundingan damai harus segera dimulai, fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan. Dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan,” tegas Jokowi.

Dalam pernyataannya, Jokowi juga menegaskan pemerintah akan melakukan segala cara untuk terus berupaya melindungi WNI serta fasilitas publik, termasuk RS Indonesia.

Mengingat beberapa hari lalu viral di media sosial surat terbuka dari MER-C Indonesia berisi permohonan kepada Presiden Jokowi dan pemerintah untuk melindungi RS Indonesia dari serangan Israel.

“Dan saya ingin kembali tegaskan bahwa dari sejak awal terjadinya serangan, pemerintah telah dan akan terus berupaya untuk melindungi WNI serta fasilitas-fasilitas publik termasuk RS Indonesia,” lanjut Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan bahwa dirinya akan bertemu dengan Presiden AS, Joe Biden untuk menyampaikan resolusi hasil suara dari 57 negara yang hadiri KTT OKI.

“Selain itu saya juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, yang meminta secara khusus untuk menyampaikannya pada Presiden Biden,” pungkas Jokowi.

Sebagai informasi, usai hadiri KTT OKI di Riyadh, Jokowi akan mengunjungi Washington DC untuk bertemu dengan Presiden AS, Joe Biden.

Jokowi bakal bertemu dengan Presiden Joe Biden di Washington DC dan akan menghadiri KTT APEC di San Fransisco.

------
Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News, WhatsApp Channel dan Telegram

Bacaan Lainnya: