Kyai Ma’ruf Amin Tolak saat Ditawari Kain Kafan

Langkatoday.com, Stabat – Kiai Haji Ma’ruf Amin berkeliling booth usai memberi sambutan pada Forum Halal 20, Kamis 17 November 2022. Salah satu yang dikunjungi menyediakan kain kafan halal.

Pemilik booth pun langsung memperkenalkan aneka produknya.

Satu per satu dijelaskan. Mulai mukena yang sudah menggunakan brand mukena halal. Lalu, sarung halal, hingga gamis halal.

Baca Juga

Di antara produk yang dijelaskan, Ma’ruf Amin memberi respons pada produk terakhir: kain kafan halal. Pemilik booth menjelaskan, bahannya halus dan lembut menyerupai sutra tetapi terbuat dari serat biji kapas.

Selera humor Ma’ruf Amin langsung muncul. “Kain kafannya nanti saja, kecuali Menteri Agama mau duluan,” kata Ma’ruf sambil tertawa bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam sambutannya pada acara itu, Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, kebutuhan produk halal saat ini bukan hanya didasari oleh keyakinan atas ajaran agama.

Tren konsumsi produk halal kini diperkuat dengan nilai-nilai filosofis baru, seperti kesadaran akan kesehatan, kebersihan, keberlanjutan, bahkan kesejahteraan dan keseimbangan alam.

Baca Juga
1 of 166

Ma’ruf melanjutkan, potensi besar pasar halal global semakin menarik bagi produsen serta pelaku perdagangan antarnegara.

Mantan ketua Majelis Ulama Indonesia itu menyebutkan, sejumlah negara telah menikmati manfaat dan keuntungan dari volume perdagangan dan nilai transaksi produk halal antarnegara.“Pada sektor makanan halal, misalnya. Brasil membukukan nilai ekspor tertinggi ke negara-negara anggota OKI sebesar 16,5 miliar dollar AS, disusul ekspor dari India sebesar 15,35 miliar dollar AS,” ujar Ma’ruf. (rel/herald)

-----------

Ikuti kabar terkini lainnya di Google News

Postingan Lainnya