Greenpeace Tantang Cawapres Pensiunkan PLTU dan Cabut Izin Pemutihan Lahan Sawit

BERITA LANGKAT – Juru Kampanye Hutan Greenpeace Indonesia M Iqbal Damanik menantang para calon wakil presiden (cawapres) untuk berani memaparkan komitmen mengatasi masalah industri pertambangan batubara dan perkebunan kelapa sawit yang berdampak cukup besar pada krisis iklim global, dalam gelaran debat malam ini, Ahad (21/1/2024).

“Bagaimana pandangan mereka terhadap industri kelapa sawit ke depan, industri batu bara ke depan gitu ya. Karena itu akan sangat lekat sama isu lingkungan hidup,” ujar Iqbal saat dihubungi Inilah.com, Ahad (21/1/2024).

Iqbal mendorong agar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar batubara dipensiundinikan. Ia pun ingin melihat itu dalam tarung gagasan calon kandidat nanti.

“Kita mau lihat, seberapa banyak PLTU yang mau diturunkan sama mereka (calon kandidat), dan kapan gitu, itu jadi pertanyaan yang ingin didapat juga gitu, kapan dan seberapa besar PLTU yang akan dipensiunkan gitu,” ucapnya.

Selain itu, Greenpeace juga ingin melihat komitmen para masing-masing cawapres dalam mengatasi polemik perizinan pemutihan kelapa sawit di kawasan hutan. Sebab, kebijakan pemerintah saat ini terlalu lunak kepada para bos sawit.

“Harus diselesaikan dulu kerangka pidananya gitu. Jadi gak bisa serta-merta langsung diputihkan. Lalu kemudian dia dikembalikan, kalau dia kemudian diputihkan, kemudian dimaafkan, mereka bayar denda, statusnya seperti apa? Sampai sekarang kan belum terjawab tuh,” tutur Iqbal.

“Jadi apakah dia akan dikembalikan kepada ekosistem awal gitu ya, atau dia akan tetap menjadi perkebunan kelapa sawit. Itu juga jadi salah satu concern yang ingin kita dengar,” ucap dia menambahkan.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad (21/1/2024) malam.

Debat keempat ini akan diikuti tiga cawapres peserta Pilpres 2024 yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Tema debat keempat akan membahas soal pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Secara keseluruhan, KPU menggelar lima kali debat Pilpres 2024. Dari lima kali debat, tiga di antaranya untuk diikuti para capres, sedangkan dua debat diperuntukkan bagi cawapres. Meski demikian, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat. (rel/inilah)

Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

Bacaan Lainnya: