Andika Kusuma Wardhana Berhasil Capai Puncak Lobuche East, Namun di Klaim Orang Lain

LANGKATODAY.COM – Andika Kusuma Wardhana, 28, warga kota Salatiga, Jawa Tengah yang berhasil mencapai puncak Lobuche East di Himalaya, Nepal, memperlihatkan sertifikat pendakian yang didapatnya dari Nepal Mountaineering Association, di kediamannya di Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Senin (26/12/2022).

Pada bulan September 2022 lalu, Andika berhasil mencapai puncak Lobuche East, di Himalaya, Nepal, dengan bukti sertifikat yang dikeluarkan pihak berwenang di Nepal. Namun keberhasilannya mencapai puncak dengan ketinggian 6090 mdpl tersebut, justru diklaim oleh orang lain bernama Memet Isa Bahrudin, warga Tangerang, Banten.

Dia mengetahui jika keberhasilannya diklaim oleh Memet setelah mendapat informasi dari temannya, jika foto dirinya saat memegang bendera Merah Putih di puncak Lobuche East tayang di sebuah media online, namun dengan isi artikel yang tidak benar.

Dalam artikel di media online tersebut tertulis pihak yang berhasil mencapai puncak Lobuche East adalah Memet Isa Bahrudin, yang sebenarnya justru gagal mencapai puncak.

Read More

Andika dan Memet memang tidak saling kenal, namun mereka satu agen perjalanan dalam pendakian ke Nepal hingga satu jadwal. Namun Memet gagal mencapai puncak, karena di hari ke-9 pendakian, dia mengalami altitude mountain sickness (als) atau penyakit ketinggian, sehingga harus dievakuasi dan tidak melanjutkan pendakian.

Sementara Andika berhasil mencapai puncak Lobuche East pada tanggal 29 September 2022, setelah 11 hari perjalanan dengan ditemani oleh satu pemandu. Pendakian yang dilakukan Andika ini merupakan pendakian pribadi tanpa ada sponsor dari manapun. Dengan total perjalanan selama 3 minggu di Nepal, Andika mengeluarkan biaya hingga puluhan juta rupiah.

Hingga kini Memet belum meminta maaf ataupun mengklarifikasi. Andika berharap Memet meminta maaf dan menyampaikan kebenaran tentang foto, bahwa yang mencapai puncak adalah foto dirinya bukan foto Memet yang justru gagal sampai puncak. (rel)

-----------

Ikuti kabar terkini lainnya di Google News

Butuh Website? Hubungi Dapur Website Indonesia

Related posts