Sebelum Wafat, Syeikh Al-Qaradhawi Melahirkan Karya Terbaru Fikih Shalat dan Adab

LANGKATODAY.COM – Cendekiawan Islam dan pendiri Persatuan Ulama Muslim Internasional (IUMS) Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi meninggal dunia pada usia 96 tahun hari ini, 26 September 2022. Al-Qaradhawi adalah ulama produktif, bahkan sebelum meninggal telah menyelesaikan banyak buku masalah fikih.

Syeikh Al-Qaradhawi dinilai telah membentuk kembali kesadaran Islam kontemporer dengan mengadopsi sistem pemikiran moderat dan Islam wasathiyah, kutip Persatuan Ulama Internasional (IUMS). “Umat Islam telah kehilangan salah satu ulama yang paling tulus dan berbudi luhur,” tambah IUMS.

Yusuf Al-Qaradawi telah mengabdikan hidupnya untuk menjelaskan hukum Islam, kutip @PeninsulaQatar.

Baca Juga

Banyak dari fatwa yang telah dikeluarkan digunakan sebagai bahan referensi atas permasalahan yang terjadi. Namun banyak pula yang mengkritik fatwa-fatwanya.

Di antara bukunya yang banyak dirujuk di Indonesia adalah Fiqh Zakat, merupakan penyempurnaan disertasi “Zakat dan Dampaknya Dalam Penanggulangan Kemiskinan” di Al-Azhar Mesir. Banyak yang menilai ini adalah sebuah buku yang sangat komprehensif membahas persoalan zakat dengan nuansa modern.

Buku Fikih Shalat karya Syeikh Yusuf al-Qaradhawi sebelum meninggal

Di antara karya lainnya adalah; al-Halal wa al-Haram fil Islam (Halal dan Haram dalam Islam), Fatawa Mu’ashirah (Fatwa-Fatwa Semasa), Taysir al-Fiqh: Fiqh Shiyam (Hukum tentang Puasa), Fiqh at-Tharah (Hukum tentang Kebersihan), Fiqh al-Ghina’ wa al-Musiqa (Hukum tentang Nyanyian & Musik), Fiqh al-Aqaliyyat al-Muslimah (Fiqh minoritas Muslim), Min Fiqh-Daulah al-Islam (Fikih Kenegaraan), Fiqh al-Zakat (Hukum tentang Zakat), Bay’u al-Murabahah li al-Amri bi al-Shira (Sistem Jual Beli al-Murabah), dan masih puluhan karya serius lainnya.

Baca Juga
1 of 173

Banyak buku-bukunya ditulis menjelang wafatnya. Di antaranya yang sempat diunggah di akun Facebook pribadinya adalah “Akhlak Islam, Fiqhul Adab”, dan yang terbaru “Fiqhus Shalah” (Fikih Shalat).

(rel)

-----------

Ikuti kabar terkini lainnya di Google News

Info Lowong Kerja terkini bisa dicek disini Loker Today

Postingan Lainnya