Israel Klaim Ada Kemajuan dalam Negosiasi Pertukaran Sandera dengan Hamas

LANGKATODAY.COM – Israel mengeklaim adanya kemajuan dalam perundingan pertukaran sandera dengan kelompok pejuang kemerdekaan Palestina, Hamas.

Israeli Broadcasting Authority pada Senin (29/1/2024) melaporkan, kemajuan itu dicapai dalam pertemuan puncak di Paris, Prancis, yang dihadiri oleh Israel, AS, Mesir, dan Qatar.

“KTT Paris antara Israel, AS, Mesir, dan Qatar mengenai perundingan pertukaran sandera dengan Hamas sudah berakhir, dan ada kemajuan dalam perundingan itu,” kata badan penyiaran pemerintah Israel itu mengutip sumber Israel yang tidak disebutkan namanya.

Para pihak dalam KTT tersebut membahas rencana pembebasan secara bertahap warga Israel, sementara masih ada kesenjangan tuntutan antara Israel dan Hamas.

“Para pihak dalam pembicaraan tersebut membahas gencatan senjata (yang akan berlangsung) selama kurang lebih dua bulan dengan imbalan pembebasan sekitar 100 warga Israel yang disandera. Prioritas akan diberikan kepada anak-anak, perempuan, dan orang sakit, sementara Israel membebaskan sejumlah besar warga Palestina yang ditahan,” kata sumber itu.

Dalam pertemuan tersebut, Israel diwakili oleh Kepala Badan Intelijen Mossad David Barnea dan Kepala Badan Keamanan Dalam Negeri Ronen Bar.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengungkapkan masih ada perbedaan pendapat yang besar.

Kedua pihak akan terus membicarakannya dalam pertemuan selanjutnya pekan ini.

Hamas, Qatar, atau AS belum menyampaikan pernyataan resmi mengenai dari pihak Israel tersebut.

Namun, Hamas berulang kali menegaskan bahwa tidak akan ada pembicaraan pertukaran sandera sebelum ada kesepakatan senjata menyeluruh dan penarikan tentara Israel dari wilayah yang disusupinya. (rel/inilah)

Kontributor Langkatoday.com

Bacaan Lainnya: