www.domainesia.com

Australia dan New Zealand Umumkan Bantuan Kemanusiaan untuk Turki dan Suriah Pasca Gempa

Langkatoday.com – Australia dan New Zealand mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka akan memberikan bantuan kemanusiaan senilai jutaan dolar bagi para korban gempa bumi dahsyat di Turki dan Suriah.

Berbicara dalam konferensi pers bersama di Canberra, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan mitranya dari New Zealand Chris Hipkins menyampaikan simpati dan belasungkawa terdalam mereka kepada keluarga dan masyarakat yang telah kehilangan orang yang mereka cintai.

“Kami telah menyaksikan ribuan korban jiwa dan puluhan ribu korban luka-luka dalam tragedi ini,” kata Albanese.

“Beberapa gempa bumi yang melanda wilayah ini memiliki dampak yang menghancurkan, dan hari ini saya dapat mengumumkan bahwa pemerintah Australia akan memberikan bantuan kemanusiaan sebesar A$10 juta ($6,94 juta) untuk mereka yang terkena dampak melalui mitra Palang Merah dan Bulan Sabit Merah kami dan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan,” katanya.

Hipkins juga mengumumkan bahwa negaranya akan menyumbang NZD$1,5 juta ($948.007) dan mengatakan bahwa menteri luar negerinya akan merilis rincian lebih lanjut.

“Jadi hati kami bersama mereka. Selandia Baru juga akan berkontribusi pada upaya internasional. Menteri luar negeri Selandia Baru akan merilis rincian NZD$1,5 juta yang juga akan kami sumbangkan. Kami akan segera merilisnya dalam waktu dekat. Namun sementara itu, dapatkah saya menambahkan juga pemikiran dari masyarakat Selandia Baru,” katanya.

Sedikitnya 2.921 orang tewas dan 15.834 lainnya terluka di 10 provinsi di Turki akibat dua gempa kuat yang mengguncang bagian selatan negara itu, kata seorang pejabat dari badan bencana negara itu pada hari Selasa pagi.

Pada Senin pagi, gempa berkekuatan 7,7 skala Richter mengguncang distrik Pazarcik di provinsi Kahramanmaras dan mengguncang beberapa provinsi lainnya, termasuk Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay, dan Kilis.

Kemudian pada pukul 13.24 siang (1024GMT), gempa berkekuatan 7,6 SR yang berpusat di distrik Elbistan, Kahramanmaras, menghantam wilayah tersebut.

Di Suriah, pemerintah dan petugas penyelamat melaporkan bahwa sedikitnya 1.300 orang tewas dan lebih dari 2.400 lainnya terluka akibat gempa tersebut. (rel)

------
Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News, WhatsApp Channel dan Telegram

Bacaan Lainnya: