Viral Video Poster ‘Jalan Dijual, Hub: Abu Dajal’ Ini Tanggapan Plt Bupati Langkat

Langkatoday.com – Sebuah video viral yang menunjukkan poster bertuliskan ‘Jalan Ini Dijual, Hub: Abu Dajal’ sebagai bentuk protes warga terkait jalan rusak di Langkat. Plt Bupati Langkat Syah Afandin pun merespons protes warga tersebut.

Pria yang akrab disapa Ondim itu mengatakan perbaikan Jalan Tengku Amir Hamzah penghubung Desa Kebun Lada dan Sendang Rejo sudah dimasukkan ke APBD Tahun 2023. Lelang proyek perbaikan jalan tersebut juga akan dimulai pada Maret mendatang.

“Sudah mau dilelang itu, sebagian apa untuk tendernya itu di bulan tiga (Maret) inilah,” kata Syah Afandin seperti dikutip dari laman detikSumut, Senin (20/2/2023).

Sebagian lagi akan dimasukkan ke Perubahan APBD (P-APBD). Hal itu, kata Ondim, karena anggaran mereka yang kecil dengan luas wilayah yang harus diperbaiki.

“Sebagian rencana masuk di P (APBD), cuman kan anggaran kita tahulah sendiri, tidak sebegitu besar,” ujarnya.

Ondim mengaku dirinya tidak ingat berapa anggaran yang pihaknya gelontorkan untuk perbaikan infrastruktur tersebut. Namun, dia menegaskan saat ini memfokuskan APBD ke infrastruktur.

“Semua memang infrastruktur saja, makanya saya anggaran fokusnya ke infrastruktur saja, tapi kan bagi ke sana bagi ke sini, untuk anggaran tak ingat pula, aku masih di luar pula ini, tapi yang pasti kita fokus untuk infrastruktur,” sebutnya.

Selain di Jalan Tengku Amir Hamzah itu, di simpang dekat bundaran menuju perkantoran Bupati Langkat juga diketahui banyak jalan yang rusak. Namun Ondim mengaku jalan tersebut adalah jalan nasional, sehingga dia akan berkoordinasi dengan kementerian terkait hal itu. Sama halnya dengan pembangunan jalan sebelumnya maupun jembatan Sungai Wampu yang saat ini sedang dikerjakan.

“Iya itu kan memang jalan nasional, semalam itu kita telepon Dirjennya langsung diperbaiki, termasuk jembatan itu kan, nanti akan kita komunikasikan lagi untuk perbaikannya,” tutupnya.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial yang menunjukkan aksi jual jalan akibat kondisi jalan rusak. Diketahui jalan tersebut berada di wilayah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Medan Talk (@medantalk)

Dalam video yang beredar, Senin (20/2/2023), terlihat warga meletakkan ban di setiap lubang yang ada di Jalan Tengku Amir Hamzah itu. Selain ban, warga juga terlihat membuat poster yang bertuliskan jalan tersebut dijual.

“Jalan Ini Dijual, Hub: Abu Dajal,” demikian tertulis dalam poster tersebut.

Diketahui jalan rusak tersebut tepatnya berada di Jalan Tengku Amir Hamzah yang menghubungkan Kebun Lada dan Sendang Rejo. Sampai saat ini belum diketahui siapa yang memasang poster sebagai bentuk protes tersebut.

Ketua Fraksi Keadilan Pembangunan dan Kebangsaan (F-KPK) DPRD Langkat, Aidir Syahputra mengatakan keberadaan jalan rusak memang banyak ditemukan di Kabupaten Langkat. Bahkan ada yang belum tersentuh pembangunan sama sekali.

“Hampir di wilayah Langkat jalan-jalan mengalami kerusakan dan lebih parah dari yang kita bayangkan atau bahkan belum sama sekali dilakukan pembangunan infrastruktur,” kata Aidir Syahputra, Senin (20/2/2023). (rel/dtk)

Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

Bacaan Lainnya: