Sah! PKS Dukung Anies di Pilpres 2024

Langkatoday.com – Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mohamad Sohibul Iman, resmi nyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres). Soal siapa sosok yang bakal mendampingi Anies, pihaknya menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada sang calon.

“Penentuan cawapres itu memang semua partai berhak mengajukan, tapi pada akhirnya pemilihannya itu diserahkan kepada capres,” ungkapnya dilansir dari laman republika, Senin (30/1).

“Jelas dari awal kami mengatakan selama cawapres yang dipilih itu mendongkrak kemenangan, siapapun dia tidak harus kader PKS, PKS tetap akan dalam koalisi ini,” sambungnya.

Anies sendiri telah memenuhi tiga kriteria yang dihasilkan oleh Majelis Syura PKS pada Agustus 2022. Pertama, Anies dipandang sebagai simbol perubahan yang dapat membawa masa depan Indonesia lebih baik.

Kedua, Anies merupakan sosok yang religius. Namun di sisi lain, mantan gubernur DKI Jakarta itu merupakan sosok nasionalis yang telah terbukti rekam jejak dan komitmennya untuk bangsa.

“Ketiga, tentu saja adalah dia memiliki elektabilitas yang mekungkinkan dia menang. Kami tidak memiliki istilah memiliki elektabilitas survei tertinggi, karena dinamika hari ini tentu berbeda dengan dinamika pada saat 14 Februari 2024,” ujar Sohibul.

Ketua dari tim Anies Baswedan, Sudirman Said, bersyukur PKS yang secara resmi telah menyatakan sikapnya. Koalisi yang terdiri Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS disebutnya sudah siap untuk mengusung Anies sebagai capres pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Karena pada hari ini Pak Anies adalah bakal calon presiden yang pertama kali mendapatkan dukungan resmi dalam jumlah yang cukup. Ini artinya bahtera perjuangan Koalisi Perubahan segera bersiap untuk berlayar menempuh berbagai tantangan,” ucap Sudirman.

Sikap resmi Partai Demokrat dan PKS, sebutnya, menjadi bentuk kesolidan bersama Partai Nasdem yang sejak awal mendeklarasikan Anies. Dukungan tersebut juga wujud kepercayaan rakyat terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Kita semua bersyukur satu per satu dukungan dari partai partai politik resmi diputuskan. Ini adalah wujud kepada Pak Anies Baswedan, tetapi juga wujud kepercayaan besar dan harapan akan hadirnya perubahan yang dinantikan oleh orang banyak,” pungkasnya. (rel/ROL)

Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

Bacaan Lainnya: