La Nyalla dan Erick Thohir jadi Calon Ketua Umum PSSI, Siapa Paling Pantas?

Langkatoday.comLa Nyalla Mahmud Mattalitti dan Erick Thohir sama-sama mendaftar sebagai calon Ketua Umum PSSI. Pemilihan dua tokoh politik tersebut dinilai akan ketat karena mereka sama-sama unggul dalam pengalaman.

La Nyala saat ini menjabat sebagai Ketua DPD RI. Sementara Erick Thohir menjadi Menteri BUMN. Secara jam terbang di dunia sepak bola, Erick memang cukup bagus karena pernah menjadi Presiden Inter Milan dan memiliki klub bola di Amerika Serikat (AS).

Mengomentari dua sosok tersebut, CEO PSIS Semarang yang kini juga menjabat anggota Komite Eksekutif PSSI Yoyok Sukawi mengatakan, mereka sama-sama memiliki kompetensi menakhodai PSSI. Sehingga kata dia, pemilik suara bingung dalam menentukan pilihan.

“Kami yang menjadi ‘voter’ bingung memilih yang mana. Sama-sama baiknya, sama-sama bagusnya,” katanya kepada wartawan dikutip dari Antara, Senin (16/1/2023).

Ia menilai, La Nyala memiliki keunggulan dari jejak politiknya. Sementara untuk Erick Thohir punya kelebihan dari sisi pengalaman bisnis sepak bola. “Dua-duanya tidak ada jeleknya,” ujarnya.

Read More

Guna memastikan pilihan, ia bakal menunggu pemaparan program dari La Nyala dan Erick Thohir kepada pemilik suara termasuk klub dan asosiasi provinsi PSSI.

“Apa yang mau dibawa buat klub dan Asprov. Hal baru apa yang bisa menimbulkan industri sepak bola bangkit. Ini yang kami tunggu,” katanya.

Hingga Senin (16/1/2023) pagi, baru dua orang yang mendaftar sebagai calon Ketua Umum PSSI, yakni La Nyala dan Erick Thohir. Sementara Ratu Tisha Destria mendaftar sebagai calon wakil ketua umum. Pendaftaran calon ketum, dan wakil PSSI akan ditutup pada Senin (16/1/2023) pukul 18.00.

Profil La Nyalla

La Nyala menghabiskan sebagian besar hidupnya di Surabaya, Jawa Timur. Ia mengenyam pendidikan di SD Bhineka Bhakti, kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Surabaya dan SMA Negeri 3 Surabaya.

Ia kini dikenal sebagai pengusaha, dan saat ini menjabat Ketua Dewan Perwakilan Daerah atau DPD RI. Sebelumnya ia pernah menjabat wakil ketua umum PSSI tahun 2013-2015, serta menjadi ketua umum PSSI tahun 2015-2016.

Pada 2 Oktober 2019, La Nyala dilantik sebagai ketua DPR oleh Mahkamah Agus (MA) yang saat itu dijabat oleh Muhammad Hatta Ali.

Sekilas Erick Thohir

Tahun 1993, Erick Thohir lulus program Master untuk Bisnis Administrasi dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat (AS). Sebelum ia memperoleh gelar sarjana dari Glendele University.

Kini ia dikenal sebagai pengusaha sukses di tanah air. Ia juga menjabat sebagai menteri BUMN ke-9 Kabinet Indonesia Maju, yang dilantik oleh Presiden Jokowi pada 23 Oktober 2019 lalu.

Selain itu, sejak 23 Januari 2021 lalu, ia juga ditetapkan sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah periode 2021-2024.

Sebelum jadi menteri, Eric merupakan pengusaha dan pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment.

Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (PT Mahaka Radio Integra Tbk), stasiun televisi (Jak TV), media luar ruang (Mahaka Advertising), media cetak (Harian Republika, Golf Digest), pemesanan dan penjualan tiket digital, dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.

Selain itu, ia mengakuisisi sepakbola yang berlaga di seri A. Yakni Inter Milan pada November 2013. Erick Thohir dipercaya sebagai presiden klub ke-21 dalam 106 tahun sejarah klub itu.

Bersamaan dengan itu, Erick Thohir juga memiliki klub sepak bola Amerika, DC United dan juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia.

-----------

Ikuti kabar terkini lainnya di Google News

Butuh Website? Hubungi Dapur Website Indonesia

Related posts