Jelang Tahun Baru, Harga Cabai Merah Terjun Bebas

LANGKATODAY.COM – Harga cabai merah di pasar mengalami penurunan dalam 3 hari terakhir. Hari Kamis dan Jumat ini memang diperkirakan menjadi titik puncak belanja masyarakat dan pada Sabtu atau sehari sebelum tahun baru, pasokan bahan pangan juga akan berkurang, karena para pedagang sudah mengambil posisi liburan jelang tahun baru.

Pantauan di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan seperti di Pasar MMTC Medan, harga cabai merah mengalami penurunan yang cukup tajam dari harga Rp34 ribuan per Kg, anjlok menjadi Rp24 ribuan per Kg. Penurunan tersebut terbilang cukup signifikan dan terjadi secara tiba-tiba.

“Saya menilai pasokan yang tiba-tiba melimpah dan menekan harga tersebut akibat koordinasi antara distributor (pedagang besar) dengan petani,” ujar Ketua Tim Pemantau Harga Pangan di Sumut, Gunawan Benjamin, Jumat (30/12/2022).

Menurutnya, pedagang besar sudah menginformasikan terlebih dahulu kepada para petani bahwa pembelian cabai paling lambat akan dilakukan pada hari Jumat dan baru akan mulai dilakukan pembelian lagi paling cepat pada Senin setelah perayaan tahun baru. Sehingga petani berbondong-bondong memanen tanaman cabainya. Dan di sisi lain penambahan jumlah buruh tani juga terjadi di situ.

“Sehingga saya berkesimpulan bahwa penurunan harga cabai merah saat ini bukanlah pertanda bahwa harga cabai akan turun di Januari mendatang. Karena dari hasil observasi lapangan, musim panen raya cabai sudah kita lewati pada November kemarin. Sehingga trennya saat ini adalah penurunan pasokan akibat penurunan produktifitas tanaman cabai itu sendiri,” jelasnya.

Read More

Gunawan menyebutkan, penurunan harga cabai merah saat ini yang sudah berlangsung sekitar 2 hari juga diperkirakan tidak akan berlangsung lama. Jadi para ibu rumah tangga yang banyak membutuhkan cabai merah bisa menambah pasokannya selama harga masih bertahan murah.

“Karena saya menilai rata-rata kedepan harga cabai merah berada di kisaran Rp33 hingga Rp37 ribu per Kg nya di Januari,” ujarnya.

Di sisi lain, murahnya cabai merah saat ini juga tidak terlepas dari strategi pedagang yang mencoba menghabiskan stok nya menjelang libur akhir tahun.

“Karena saya menemukan untuk cabai merah saat ini variasi harganya ada banyak, mulai dari Rp18 ribu hingga Rp24 ribu per Kg nya. Namun untuk harga cabai rawit sendiri masih bertahan di kisaran Rp50 ribuan per Kg nya,” katanya.

Gunawan mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi belanja pada hari H tahun baru. Harga pangan hortikutura kerap naik tajam di perayaan hari besar nasional maupun keagamaan. Karena harga yang terbentuk adalah harga anomali, dimana harga bisa meroket hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa (normal).

-----------

Ikuti kabar terkini lainnya di Google News

Butuh Website? Hubungi Dapur Website Indonesia

Related posts