Fenomena Langka 5 Planet Ini Bakal Sejajar di Akhir Bulan Ini, Catat Tanggalnya!

Langkatoday.com – Akhir bulan ini, akan terjadi peristiwa luar angkasa langka yakni sejajarnya 5 planet. Bahkan, 4 dari 5 planet tersebut bisa terlihat tanpa bantuan teleskop.

Fenomena yang bakal terjadi pada 25 Maret ini akan memperlihatkan planet-planet yang terlihat berurutan dari yang terendah hingga tertinggi di cakrawala adalah Merkurius, diikuti oleh Jupiter dan Venus.

Setelah Venus, bantuan teleskop diperlukan untuk melihat Uranus, yang kemudian diikuti oleh Bulan, yang berukuran kecil dan tidak menghalangi pandangan.

Setelah Bulan, jauh lebih tinggi di langit, akan terlihat titik terang kemerahan yaitu Mars.

Waktu terbaik untuk melihatnya adalah tepat setelah matahari terbenam dari 25 Maret hingga 30 Maret. Kemudian Jupiter akan menyusul Merkurius dalam posisi semu dan garis virtualnya akan sedikit berantakan.

Namun planet-planet tersebut masih akan terlihat selama beberapa hari setelahnya, sampai Jupiter tenggelam dalam silau Matahari di sekitar.

Untuk mengamati fenomena alam ini, lebih disarankan untuk mengintai melalui situs pengamatan atau menggunakan bantuan teleskop agar terlihat lebih jelas.

Sebagaimana dikutip dari Space, setelah Matahari terbenam, peluang terbaiknya berada di sepanjang ufuk barat. Dua planet pertama akan bersinar cemerlang. Merkurius akan bersinar dengan magnitudo -1,4.

Ini hanya sedikit lebih redup dari Sirius , bintang paling terang di langit. Sementara Jupiter akan tampak lebih mempesona pada magnitudo -2,1, dua kali lebih terang dari Merkurius. Merkurius akan berada di sebelah kanan Jupiter yang lebih terang dan hanya terpisah 1,3 derajat.

Selanjutnya Venus menjadi semakin menonjol karena perlahan-lahan semakin tinggi di langit sore barat setiap malam. Cahaya Venus akan sangat terang hingga menjelang tengah malam.

Kemudian planet Mars akan berada 211,4 juta km dari Bumi. Angka ini lebih dari 2,5 kali lebih jauh daripada akhir musim gugur lalu. Sejalan dengan itu memudar, hanya tampak 1/13 lebih cerah dibandingkan awal Desember.

Pada fase ini, akan terlihat seperti Bulan sabit. Jika dilihat ke kiri atas Bulan, bintang kuning oranye cerah akan terlihat, dan itulah Mars.

Planet kelima dari posisi sejajar, yakni Uranus hampir tidak terlihat oleh mata telanjang. Posisi Venus bisa menjadi patokan menemukannya. Letaknya sekitar tiga derajat ke kiri atas planet Venus. Dia akan berwarna kehijauan berada di dekat Neptunus, planet terjauh dari Matahari.

Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

Bacaan Lainnya: