Diskusi Panel Peradi Medan, Gelorakan Advokat Semangat Satu Kode Etik Satu Dewan Kehormatan

Sejumlah Advokat kota Medan dari berbagai Organisasi Advokat (OA) menggelar diskusi panel di Hotel Emerald Garden Medan

Langkatoday.com – Sejumlah Advokat kota Medan dari berbagai Organisasi Advokat (OA) menggelar diskusi panel di Hotel Emerald Garden Medan, Jumat (26/8/2022). Gelaran diskusi panel ini bertemakan ‘Satu Kode Etik, Satu Dewan Kehormatan untuk mempertahankan Advokat sebagai profesi yang mulia (Officium Nobile).

Dikutip dari medanbisnisdaily.com, Sabtu (27/8/2022), Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Medan Hendricks PS Napitupulu SH MH selaku pengampu kegiatan mengatakan tujuan dilakukannya diskusi ini adalah untuk melihat dan merumuskan peluang dan tantangan terhadap gagasan satu Kode Etik dan satu Dewan Kehormatan.

“Kondisi OA yang terpecah-pecah menjadi banyak OA saat ini menjadi tantangan terbesar. Kontestasi antar OA dalam merekrut anggota disinyalir telah berdampak pada penurunan kualitas profesi Advokat akibat tidak tunggalnya lagi standar yang diterapkan. Masing-masing OA menerapkan standar profesinya sendiri-sendiri, mekanisme pengawasan sendiri-sendiri dan penegakan etiknya sendiri-sendiri,” ucap Hendricks didampingi Sahat Hutagalung SH MH selaku Ketua Panitia diskusi panel yang juga Sekretaris DPC Peradi Medan, Wakil Ketua Ridho Pandiangan SH MH, Bintang Christine SH MH, Iskandar Simatupang dan sejumlah pengurus lainnya.

Dalam praktik sehari-hari, lanjut pengacara senior ini, beberapa kali didengar atau mengetahui tentang seorang Advokat yang diduga menjalankan praktik secara tidak etis, kemudian disidangkan oleh Majelis Dewan Kehormatan OA tempat ia bernaung, namun sesaat sebelum dijatuhkan putusan oleh Majelis Dewan Kehormatan, si Advokat tersebut telah berpindah ke OA lain.

Baca Juga

“Terpecahnya OA dan banyaknya OA-OA baru adalah suatu kenyataan yang sulit untuk dikendalikan, namun kualitas profesi Advokat yang menjadi tanggung jawab OA sesuai ketentuan Pasal 28 UU Advokat tidak boleh dikorbankan. Oleh karena itu, muncul gagasan tentang satu standar profesi (Kode Etik) dan satu Dewan Kehormatan sebagai salah satu alternatif jalan keluar dari permasalahan,” urai Hendricks yang merasa penting dilakukan pembahasan ini lebih mendalam.

Diskusi ini menghadirkan beberapa nama pengacara beken sebagai narasumber. Para narasumber itupun mewakili OA tempat ia bernaung. Mereka adalah, DR Japansen Sinaga SH M.Hum yang juga ketua DPC Peradi Suara Advokat Indonesia (SAI) pimpinan Dr Juniver Girsang SH MH. Lalu Patar Bronson Sitinjak SH MH yang juga Ketua DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) Sumut, DR Burhan Sidabariba SH MH selaku Ketua Dewan Kehormatan (DK) Peradi Sumut, Lasbok Marbun SH MH mewakili DPN Peradi pusat dan moderator acara dipandu oleh Kombes Pol Purn Rumida Sianturi SH M.Hum. Pesertanya sendiri adalah para advokat dari OA yang ada di Kota Medan.

DR Burhan Sidabariba mengaku yakin usulan disatukannya kode etik dan dewan kehormatan ini akan tercapai. Apalagi pada OA yang hadir di acara itu juga sudah komitmen bersama melanjutkan diskusi ini secara bergantian sebagai tuan rumah masing-masing OA.

“Sumatera Utara telah memulai, menginisiasi yang pertamalah ya dengan harapan daerah-daerah lain dan secara nasional nanti bisa menjadi kesimpulan bersama dan pada akhirnya akan dibawakan dalam rapat bersama Komisi III DPR RI untuk perumusan RUU Advokat,” tegasnya.

Baca Juga
1 of 175

Sementara Lasbok Marbun menjelaskan bahwa pemersatuan kode etik dan dewan kehormatan ini bukan hanya gagasan Peradi saja. Namun sejak awal sebelumnya sudah digagas oleh beberapa organisasi.

“Beberapa organisasi-organisasi advokat sebelumnya sudah menggagas ini. Dan disebutlah Warung Daun. Jadi organisasi-organisasi advokat ini mencetuskan bagaimana dengan situasi sekarang. Dengan banyaknya OA, maka kita bertekad untuk menyatukan tekad untuk membuat satu kode etik dan satu dewan kehormatan untuk mencapai apa yang disebut dengan Officium Nobile,” tandasnya.**

-----------

Ikuti kabar terkini lainnya di Google News

Info Lowong Kerja terkini bisa dicek disini Loker Today

Postingan Lainnya