BPBD Langkat Mencatat Data Sementara ada 1.319 KK Terdampak Banjir

Langkatoday.com, Stabat – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat mendata sementara peristiwa banjir yang terjadi di Kecamatan Besitang dan Kecamatan Tanjung Pura, semuanya ada 1.319 kepala keluarga.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana Harian BPBD Langkat Irwan Sahri, di Stabat, Kamis (3/11).

Irwan Sahri menjelaskan untuk Kecamatan Besitang, banjir terjadi pada (2/11) pukul 07.00 WIB, di Dusun Sidodadi Desa Sekoci Kecamatan Besitang, merendam rumah warga sebanyak 481 KK dengan ketinggian air mencapai bervariasi antara 100-150 centimeter.

Baca Juga

Sementara ini ada 136 KK, yang mengungsi, ke posko 70 KK dan sebanyak 66 KK mengungsi ke rumah kerabat/keluarga mereka, katanya.

Sementara untuk Kecamatan Tanjung Pura, banjir merendam pukul 18.00 WIB, terdampak rumah warga di Desa Pantai Cermin terdampak 326 KK, Desa Paya Perupuk terdampak 214 KK, Desa Suka Maju terdampak 112 KK, Desa Pekubuan terdampak 63 KK, Kelurahan Pekan Tanjung Pura terdampak 123 KK.

Keseluruhan di Kecamatan Tanjung Pura total masyarakat terdampak sebanyak 838 KK dengan ketinggian air bervariasi antara 30-50 centimeter, dan beberapa warga ada yang mengungsi ke rumah kerabat atau keluarga.

Irwan Sahri menginformasikan juga terjadi hujan deras mengakibatkan debit air sungai meningkat sehingga air masuk ke pemukiman warga, di Kecamatan Besitang.

Baca Juga
1 of 175

Sementara untuk Kecamatan Tanjung Pura disebabkan air mengalir perlahan ke saluran pembuangan, sehingga air masih menggenangi pemukiman warga.

Selain itu juga debit air sungai Batang Serangan saat ini masih tinggi, walaupun demikian masyarakat masih dapat melaksanakan kegiatan sehari- hari namun terbatas.

Untuk upaya yang dilakukan oleh pihak akan terus berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan melalui puskesmas untuk pelayanan kesehatan,
memonitor prakiraan cuaca dan peringatan dini dari website BMKG dan menyampaikan kepada pihak kecamatan atau pihak desa.

Termasuk mendirikan tenda pengungsi dan dapur umum di Desa Sekoci Kecamatan Besitang, menyediakan bantuan kebutuhan dasar berupa logistik bagi warga yang mengungsi di posko pengungsian, melaksanakan posko siaga bencana di kantor BPBD Langkat. (rel)

-----------

Ikuti kabar terkini lainnya di Google News

Info Lowong Kerja terkini bisa dicek disini Loker Today

Postingan Lainnya