Fakta dan Alasan Memilih Intimate Wedding pada Pernikahan

wedding

LANGKATODAY.COM – Pernikahan harus dipersiapkan dengan matang dari memikirkan konsep pernikahan, tempat, dan makanan yang akan disediakan. Setiap tahun konsep pernikahan inovasi baru muncul dan menjadi inspirasi setiap orang. Jika dulu kebanyakan  pernikahan diadakan dalam skala besar, saat ini intimate wedding semakin diminati oleh pasangan muda.

Alasan Memilih Intimate Wedding Sebagai Konsep Pernikahan

Menyelenggarakan intimate wedding dengan hanya mengundang orang-orang terdekat yang terlibat adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Ada banyak manfaat  memilih konsep pernikahan ini  yang  jauh lebih simpel dibandingkan resepsi pernikahan pada umumnya. Sebuah konsep intimate wedding pasti akan menyelamatkan kita dari pengeluaran budget yang membengkak. Berikut adalah lima alasan untuk memilih mengadakan konsep intimate wedding

Baca Juga

1. Biaya Intimate Wedding Lebih Murah

Dengan daftar tamu yang berkurang, kita akan menghemat item anggaran pernikahan utama seperti makanan, undangan, transportasi, dan sewa gedung.Tentu saja, lebih sedikit meja dan kursi untuk dihias berarti kita juga  dapat mengurangi biaya dekorasi yang mungkin diperlukan di pernikahan. 

2. Anggaran Lebih Fleksibel dan Dapat Ditentukan Sesuai Budget

Jenis  anggaran fleksibel ini seringkali menarik bagi pasangan karena memungkinkan  pasangan untuk menghabiskan biaya pernikahan lebih minim. Mengadakan intimate wedding memungkinkan kita untuk menjadi kreatif dan unik saat memilih lokasi maupun dekorasi tanpa mengurangi makna momen pernikahan itu sendiri. Kita juga bisa memanfaatkan halaman belakang rumah, tanah lapang, taman, dan lain-lain sebagai konsep outdoor misalnya.

Baca Juga
1 of 166

3. Impian Dekorasi yang Sesuai Keinginan

Memilih  konsep pernikhan ini memungkinkan kita untuk menggabungkan setiap elemen  desain pernikahan dengan indah namun pengeluaran tidak membengkak. Dengan lebih sedikit orang, kita akan dapat mengalokasikan lebih banyak anggaran untuk merancang suasana momen pernikahan sesuai dengan gaya kita.

4. Intimate Wedding Cocok Untuk Orang Sibuk

Jika kamu dan pasangan tidak punya waktu untuk mengawasi semua bagian dalam mengadakan pernikahan pada umumnya yang membutuhkan persiapan yang cukup rumit, intimate wedding mungkin merupakan pilihan yang sangat cocok. Konsep penikahan intimate memberi kamu lebih banyak waktu untuk benar-benar menikmati momen pernikahan yang lebih praktis dan simpel.

5. Lebih Bisa Menikmati Momen Bersama Orang Terdekat

Bagian terbaik dari konsep pernikahan intimate adalah kita dapat menikmati waktu dan momen berharga dengan sekelompok teman dan keluarga terdekat untuk mendukung kita di hari istimewa. Kita dapat mengatasi tekanan mengundang setiap kerabat jauh, rekan kerja, teman kuliah, atau kenalan yang pernah dikenal dengan alasan hanya mengadakan intimate wedding

6. Intimate Wedding Cocok Bagi Pasangan Introvert

Jika kamu atau pasangan termasuk memiliki kepribadian introvert dan kewalahan oleh banyak orang yang ramai, konsep pernikahan ini merupakan pilihan yang sangat sempurna untuk pernikahan. Momen pribadi kamu dan pasangan akan bebas tanpa tekanan dari ratusan pasang mata yang menatap secara bersamaan. Ini juga memungkinkan kamu untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang terkasih yang akan dikenang selamanya.

7. Konsep Pernikahan yang Sederhana dan Menarik

Konsep pernikahan seperti ini sudah banyak dijadikan konsep pernikahan di luar negeri. Bahkan di luar negeri kita jarang melihat pesta besar pernikahan seperti di Indonesia. Kebanyakan dari mereka mengadakan intimate wedding di gereja, altar, taman, dan rumah sendiri. Jika ingin mengadakan pesta pada umumnya mereka hanya mengundang teman dan keluarga dekat saja tanpa menggunakan ritual yang rumit. Ini merupakan pilihan sederhana untuk kita yang menginginkan konsep pernikahan yang sakral dan penuh makna namun tetap menarik.

Tips Mempersiapkan Intimate Wedding

Saat pandemi, calon pengantin lebih memilih untuk merencanakan pernikahannya melalui pemanfaatan teknologi, karena memang lebih praktis dan simpel. Selain itu, trend intimate wedding juga membuat  waktu perencanaan pernikahan menjadi lebih singkat dan tidak rumit. Namun, mempersiapkan intimate wedding tidak mudah karena hal pertama yang harus dipersiapkan adalah anggaran yang ingin dikeluarkan. 

Siapakan budget utama dan budget cadangan dan tentukan produk atau jasa yang dibutuhkan untuk pernikahan. Sebesar 30% anggaran dapat digunakan untuk venue dan katering. Sementara 20% bisa dialokasikan untuk kebutuhan dokumentasi dan dekorasi. Lalu, sediakan 15% anggaran untuk kebutuhan tes antigen atau PCR. Kamu juga dapat mengadakan live streaming untuk tamu yang jauh atau tidak memungkinkan untuk diundang melalui layanan komunikasi video seperti Zoom, Google Meet atau YouTube.

Secara umum, pernikahan besar menelan biaya puluhan hingga ratusan juta. Karena banyak hal yang harus dipersiapkan seperti sewa gedung, catering untuk ratusan tamu, dresscode untuk keluarga besar, dan masih banyak lagi. Kita dapat mengurangi biaya ini dengan mengadakan intimate wedding. Jika bisa benar-benar hemat, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar 10-20 juta atau bahkan kurang. 

Jadi kita bisa menghemat uang untuk hal lain yang tidak kalah pentingnya. Misalnya untuk bulan madu, uang muka sebelum membeli rumah, belanja furniture, dan lain-lain. Kita dapat mengadakan intimate wedding di hotel kecil, di rumah sendiri atau di lokasi luar ruangan. Penting bagi kita untuk menjauh dari keramaian untuk merasakan nuansa sakral, tidak semua orang bisa menyewa wedding planner. Inilah sebabnya mengapa banyak  pengantin menjadi stres tentang rencana pernikahan mereka. 

Fakta Intimate Wedding di Masyarakat

Biasanya orang Indonesia suka mengundang ratusan orang ke pesta pernikahan mereka. Tamu termasuk anggota keluarga, teman dari SD hingga SMP, rekan kerja, dan banyak kerabat. Bagi mereka yang tidak suka dengan keramaian dan kerumitan tamu yang banyak, intimate wedding mungkin bisa menjadi solusi yang tepat. Jumlah tamu boleh kurang dari 100 orang yang membuat suasana menjadi lebih akrab dan hangat.

Tentu saja ada perbedaan pendapat yang tidak sepenuhnya benar tentang intimate wedding. Salah satunya yaitu mereka yang mengadakan intimate wedding akan dikira menikah karena Kehamilan yang Tidak Diinginkan atau KTD. Karena seringkali orang lain tidak mengetahui kondisi kita dan alasan memilih intimate wedding. Jangan khawatir jika seseorang menjatuhkanmu, yang terpenting adalah kamu tidak merepotkan mereka dan dapat menghemat pengeluaran kamu.

Dengan demikian, kehidupan pernikahan akan lebih stabil secara finansial. Penting agar acara pernikahan berkesan bagi kita dan pasangan serta tidak membuat kita merasa terbeban. Jika ada yang keberatan karena tidak diundang, jelaskan bahwa tamunya memang terbatas. Hambatan lainnya adalah biasanya orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk saat perayaan pernikahan. Inilah sebabnya mengapa banyak orang tua berencana untuk mengadakan upacara pernikahan skala besar.

Sebaiknya terlebih dahulu diskusikan hal ini dengan orang tua kita. Berikan pemahaman yang baik kepada mereka untuk setuju. Jelaskan kelebihan mengadakan konsep pernikahan ini dan bukan hanya kita yang memakai konsep ini namun sudah banyak orang yang menggunakannya. Hibur orang tua dengan menceritakan desain intimate yang unik dan menarik. Semoga Bermanfaat!

-----------

Ikuti kabar terkini lainnya di Google News

Postingan Lainnya