Scroll untuk baca artikel
Langkatoday.com
langkatoday.com
Pendidikan

Dosen IKH Medan Lakukan Penyuluhan Perawatan Luka Operasi SC di Binjai

Avatar photo
×

Dosen IKH Medan Lakukan Penyuluhan Perawatan Luka Operasi SC di Binjai

Sebarkan artikel ini

Ikuti kami di Google News dan WhatsApp Channel

BINJAI (Langkatoday) – Dosen Institut Kesehatan helvetia (IKH) Medan melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di PMB Rinta Binjai, Selasa (13/8).

Pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini merupakan bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan informasi terkait kesehatan khususnya buat ibu bersalin pasca Operasi SC (Sectio Caesarea).

Scroll untuk Baca Artikel
sejasa.net
Scroll untuk Baca Artikel

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh Bd. Dewi Sartika, SST., M.K.M selaku ketua yang memandu pelaksanaan, Bd. Afrahul Padilah Siregar, SST., M.Kes, dan Bd. Siti Aisyah, SST.,M.Kes selaku anggota serta dua orang mahasiswa yang terlibat dari Prodi Profesi Bidan yaitu Rika Aprissa dan Anita.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa penyuluhan kesehatan dengan tema “Penyuluhan Perawatan Luka Operasi SC di Praktik Mandiri Bidan Rinta” yang beralamat di Jl. Dr. Wahidin Gg. Sahabat, Km. 19 Kel. Sumber Mulyorejo Lk. 9 Kec. Binjai Timur Kota Binjai.

Peserta yang hadir merupakan menyusui pasca operasi SC yang berjumlah 20 orang. Kegiatan dilaksanakan sejak pukul 09.00 WIB s.d. 11.30 WIB.

Pembukaan kegiatan dilakukan oleh Bidan Rinta selaku Pimpinan PMB. Kegiatan dilakukan dengan memberikan penyuluhan berupa edukasi dalam perawatan Luka Operasi SC.

Peserta yang hadir sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini dilihat dari peserta yang aktif dalam penjelasan yang disampaikan. Salah satu peserta mengajukan pertanyaan bagaimana perawatan terkait luka pada Operasi SC.

Pemberian pendidikan kesehatan yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang baik kedepannya bagi kesehatan Ibu bersalin. Hasil dari kegiatan ini yaitu ibu bersalin pasca operasi SC mendapat pengetahuan baru mengenai perawatan pada luka operasi SC.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan baik dari Ibu Bidan Rinta selaku Pimpinan Klinik dan masyarakat setempat. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh dosen Institut Kesehatan Helvetia yang telah bersedia datang untuk memberikan edukasi kepada ibu hamil.

Bd. Dewi Sartika, SST., M.K.M mengucapkan terima kasih atas kerjasama Bidan Rinta dan partisipasi dari seluruh peserta sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Mudah mudahan kedepannya kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin.

www.domainesia.com