Scroll untuk baca artikel
Langkatoday.com
langkatoday.com
Pendidikan

Dosen Institut Kesehatan Helvetia Medan Beri Edukasi Bagi Ibu Hamil di Binjai

Avatar photo
×

Dosen Institut Kesehatan Helvetia Medan Beri Edukasi Bagi Ibu Hamil di Binjai

Sebarkan artikel ini

Ikuti kami di Google News dan WhatsApp Channel

BINJAI (Langkatoday) – Dosen Institut Kesehatan helvetia (IKH) Medan melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di PMB Rinta Binjai pada hari ini Selasa, (13/08).

Scroll untuk Baca Artikel
sejasa.net
Scroll untuk Baca Artikel

Kegiatan yang dilakukan ini merupakan salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Dosen yang bemanfaat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat tentang seputar masalah kesehatan Ibu dan Bayi khususnya tentang manfaat jus jambu biji merah (Psidium guajava Linn) dan tablet Fe untuk peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh Bd. Afrahul Padilah Siregar, SST., M.Kes selaku ketua, Bd. Dewi Sartika, SST., MKM dan Bd. Sri Rintani Sikumbang, SST., M.Kes selaku anggota serta dua orang mahasiswa dari Prodi Profesi Bidan yaitu Mars Frinawati Purba dan Musfirah Sukma Nazir.

Kegiatan tersebut berupa penyuluhan kesehatan dengan tema “Edukasi Manfaat Jus Jambu Biji Merah (Psidium guajava Linn) dan Tablet Fe untuk Peningkatan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil di PMB Rinta Binjai” yang beralamat di Jl. Dr. Wahidin Gg. Sahabat, Km. 19 Kel. Sumber Mulyorejo Lk. 9 Kec. Binjai Timur Kota Binjai.

Peserta yang hadir merupakan ibu hamil yang berjumlah 20 orang. Kegiatan ini dilaksanakan sejak pukul 09.00 WIB s.d. 11.30 WIB yang dibuka oleh Bidan Rinta selaku Pimpinan PMB. Kegiatan dilakukan dengan memberikan penyuluhan berupa edukasi manfaat jus jambu biji merah dan tablet Fe untuk peningkatan kadar hemoglobin.

Para peserta sangat semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini bisa dilihat dari peserta yang mendengarkan dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan serta banyaknya pertanyaan atau respon yang baik selama kegiatan berlangsung.

Salah satu peserta bernama Aminah mengatakan melalui kegiatan ini pengetahuannya menjadi meningkat tentang manfaat jus jambu biji merah dan tablet Fe untuk peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil, karena sebelumnya mereka mengonsumsi jus jambu biji merah dan tablet Fe tapi belum tahu apa manfaatnya untuk penigkatan kadar hemoglobin. Peserta merasa senang dengan adanya kegiatan ini, karena memang benar-benar pengetahuan baru bagi mereka.

Pemberian pendidikan kesehatan yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang baik kedepannya bagi kesehatan Ibu dan janin.

Hasil dari kegiatan ini yaitu para ibu hamil mendapat pengetahuan baru mengenai manfaat jus jambu biji merah untuk peningkatan kadar hemoglobin sehingga nantinya diharapkan dapat diterapkan di rumah dengan mengkonsumsi jus jambu biji merah minimalnya sebanyak 1 kali sehari (100 ml) dan tablet Fe.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan baik dari Ibu Bidan Rinta selaku Pimpinan Klinik dan masyarakat setempat. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh dosen Institut Kesehatan Helvetia yang telah bersedia datang untuk memberikan edukasi kepada ibu hamil.

Bd. Afrahul Padilah Siregar, SST., M.Kes mengucapkan terima kasih atas kerjasama Bidan Rinta dan partisipasi dari seluruh peserta sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Mudah mudahan kedepannya kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin.

www.domainesia.com