Scroll untuk baca artikel
Langkatoday.com
langkatoday.com
Pendidikan

Dosen dan Mahasiswa IKH Medan Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Malaysia

Avatar photo
×

Dosen dan Mahasiswa IKH Medan Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Malaysia

Sebarkan artikel ini

Ikuti kami di Google News dan WhatsApp Channel

MEDAN (Langkatoday) – Hari Kamis Tanggal 1 Agustus 2024 telah dilakukannya salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian masyarakat Dosen dan Mahasiswa Institut Kesehatan Helvetia mengenai “Implementasi Pendidikan Kesehatan untuk Meningkatkan Pengetahuan Model SADARI pada Wanita Lansia melalui Media Video di IPPT-USM Penang, Malaysia”.

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Masyarakat di Darul Hanan, Penang Malaysia.

Scroll untuk Baca Artikel
sejasa.net
Scroll untuk Baca Artikel

Pengabdian masyarakat ini dilakukan atas kerjasama Institut Kesehatan Helvetia dengan Universiti Sains Malaysia.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan pengetahuan kesehatan wanita, khususnya dalam hal deteksi dini benjolan melalui SADARI.

Adapun metode yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini adalah menggunakan metode ceramah, simulasi dan pemutaran video.

Dengan metode ini peserta akan secara aktif dilibatkan dalam setiap tahapan dan kegiatan sosialisasi.

Hasil dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah wanita baik usia reproduktif dan warga emas (lansia) Darul Hanan-Penang Malaysia mendaptakan pemahaman dan pengetahuan tentang bagaimana melaksanakan anjuran untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) tiap bulan sebagai metode pemeriksaan payudara yang dapat membantu mengidentifikasi keluhan wanita dan pada payudara.

Turut hadir dalam kegiata ini yakni: Bd. Aida Fitria, SST., M.Kes (Ketua), Ribka Panjaitan, S.Tr.Keb.,MKM (Anggota), Bd. Elya Rosa Sembiring, SST.,MKM (Anggota), Hazizah (Anggota) dan Retno Arum (Anggota)

www.domainesia.com