Scroll untuk baca artikel
Langkatoday.com
langkatoday.com
Berita

KSAD Pastikan Joni si Bocah Viral Pemanjat Tiang Bendera Ikut Seleksi Lanjutan Masuk TNI

Avatar photo
×

KSAD Pastikan Joni si Bocah Viral Pemanjat Tiang Bendera Ikut Seleksi Lanjutan Masuk TNI

Sebarkan artikel ini

Ikuti kami di Google News dan WhatsApp Channel

BATAM (Langkatoday) – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memastikan, Yohanes Ande Kalla alias Joni si bocah viral pemanjat tiang bendera Merah Putih dari Desa Silawan, Kabupaten Belu, NTT kini sedang mengikuti seleksi lanjutan masuk TNI.

Scroll untuk Baca Artikel
sejasa.net
Scroll untuk Baca Artikel

Hal ini disampaikan Maruli disela-sela kunjungannya meninjau bakti sosial di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Saat ini, kata Maruli, Joni sedang mengikuti seleksi lanjutan untuk dicek kesehatan dan psikotesnya.

“Jadi, (Joni) masih harus mengikuti seleksi (untuk menjadi anggota TNI) itu,” kata Maruli dilansir dari Antara, Jumat (9/8).

Maruli menjelaskan, untuk diterima sebagai anggota TNI, ada tiga hal penting yang harus dipenuhi, yakni tentang psikotes, mental ideologi, dan kesehatan. Menurutnya, jika ketiga poin tadi terpenuhi, maka akan menjadi prioritas untuk diterima.

Ia menambahkan, setiap calon prajurit TNI wajib mengikuti serangkaian tes, hal ini untuk menghasilkan tentara yang berkualitas serta sanggup menjalankan tugas di tengah situasi apapun. Misalnya, tes kesehatan, dan psikotes untuk mengecek kemampuan calon anggota TNI mampu mengendalikan stres ketika bertugas.

“Jadi mampu enggak dia (Joni) untuk mengikuti itu. Psikotesnya, mampu enggak nanti, kalau tentara kan harus bisa mengendalikan stres. Nanti pas lagi tugas di hutan kan memiliki stres, mampu tidak dia mengatasi jangan sampai alami gangguan mental sendiri,” ucap dia.

Maruli mengapresiasi, Joni telah melakukan aksi heroik memanjat tiang bendera saat upacara 17 Agustus tahun 2018, hingga dipuji oleh Presiden Joko Widodo.

“Ceritanya Joni melaksanakan sesuatu yang sangat heroiklah, sudah dipuji sampai Presiden yang muji. Jadi, kami sekarang ikutkan dia lanjut seleksi, nanti ada proses lanjutan,” ujar Maruli. (rel/lip6)

www.domainesia.com